Australia merupakan negara yang sudah terkenal akan produksi ternak sapinya. Sebab daging sapi Australia terkenal enak dan berkualitas tinggi. Maka dari itu, banyak negara yang mengimpor daging sapi dari Australia. Dan berikut ini merupakan informasi yang bisa Anda ketahui mengenai ternak sapi Australia. Salah satu lokasi peternakan di Hamilton Australia, terdapat pemandangan padang penggembalaan sapi. Padang rumput ini sangat luas dan banyak terdapat segerombolan sapi disana. Setiap petani biasanya memiliki lahan sekitar 1.000 ha dengan populasi sapi sekitar 1.000 ekor. Lahan tersebut biasanya dikelola 2 orang peternak dengan 3 sampai 5 ekor anjing penggembala.


Baca juga : Cara memelihara sapi agar cepat gemuk

Dengan lahan yang seluas itu, dalam mekanisme pertanian tidaklah mungkin menggunakan tenaga manual. Di Hamilton sendiri menggunakan peralatan mekanisasi untuk mengolah tanah, pemupukan tanah, dan penanaman benih rumput. Biasanya para peternak mengolah lahannya menjelang musim panas. Sehingga ketika musim panas sapi bisa makan dan tumbuh dengan baik meski sedang musim panas.

Perawatan yang intensif juga dilakukan supaya ternak sapi Australia bisa tumbuh dengan baik. Para peternak biasanya mempunyai tempat khusus di pinggir lahannya untuk melakukan perawatan. Tempat perawatan ini bisa menampung 100 sampai 200 ekor sapi yang dilengkapi dengan berbagai peralatan. Peralatan tersebut seperti peralatan untuk vaksinasi, tes kehamilan, pengobatan, pemberian nutrisi, dan lain sebagainya.

Setiap sapi juga dilengkapi dengan mark atau sensor yang ditempelkan di punggung dan berfungsi untuk pergerakan serta pertumbuhan sapi di ladang. Dengan begitu semua sapi bisa dideteksi  dilayar monitor. Monitor ini juga berfungsi untuk memantau umur sapi, berat sapi, ataupun jika ada sapi yang mati agar bisa segera ditangani.

Kecanggihan ternak sapi Australia di Hamilton tadi seharusnya bisa dicontoh oleh peternak di Indonesia. Sehingga peternak di Indonesia bisa memanfaatkan lahan yang ada supaya hasil ternak yang dihasilkan bisa maksimal.Dengan begitu maka produksi daging di Indonesia bisa meningkat dan berkualitas baik.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui tentang ternak sapi Australia. Semoga informasi ternak sapi Australia  bisa memberikan referensi yang memotivasi dan bermanfaat.



loading...

Ikuti Update Kami