Permintaan daging kambing di Indonesia cukuplah tinggi, namun jumlah peternak kambing di Indonesia belum mencukupi.Sehingga negara kita masih mengimpor daging kambing dari luar negeri untuk mencukupi kebutuhan daging kambing di dalam negeri. Sebenarnya tidak susah untuk mengembangkan ternak kambing, karena Anda bisa mulai melakukannya sendiri di rumah. Asalkan memiliki lahan yang cukup sebagai kandang tempat kambing hidup.

Kambing yang diambil dagingnya atau kambing potong biasanya yaitu kambing etawa dan kambing kacang.Kedua kambing ini paling banyak digunakan untuk diambil dagingnya.Pada umumnya, kambing etawa diambil susunya namun bisa juga sebagai penghasil daging. Ciri-ciri kambing etawa yaitu warna bulunya bervariasi hitam dan coklat, memiliki telinga yang menggantung sedikit kaku dan panjangnya mencapai 30 cm. Bulu kambing etawa juga tebal panjang di pundak dan di bawah leher untuk jantan, untuk betina bulu di bagian bawah ekor agak panjang.

Cara Ternak Kambing Yang Baik
Baca juga : Ternak Kambing Jawa

Sedangkan kambing kacang adalah jenis kambing unggulan yang dikembangkan di Indonesia.Kambing ini memiliki badan kecil dan pendek, lehernya pendek meninggi pada bagian punggung, bertanduk, telinganya pendek dan tegak, warna bulunya tunggal merah, hitam, belang putih atau hitam, putih, dan coklat.Bagi Anda yang ingin memulai beternak kambing, berikut adalah ternak kambing yang baik.

  1. Pemilihan Bibit Kambing
    Pemilihan bibit akan menentukan kualitas kambing yang dihasilkan. Cara memilih bibit kambing untuk ternak kambing potong yaitu: badan berukuran normal dengan umur 8 sampai 12 bulan, badan bersih mengkilap, tidak terdapat cacat, sehat, tidak buta, terdapat garis punggung dan pinggang lurus, hidung bersih, mata tajam, dan anus bersih.
  2. Pemeliharaan Kandang Kambing
    Biasanya kandang yang dibuat untuk ternak kambing yaitu berbentuk panggung serta memiliki kolong.Kolong ini berguna menampung kotoran kambing, selain itu juga mencegah kambing dari tanah yang becek. Lantai kandang dibuat tinggi sekitar 0,5 sampai 2 meter. Kemudian tempat makanan ditempel di dinding dan posisinya agak tinggi atau sebahu kambing.
  3. Pemberian Pakan Kambing
    Ternak kambing yang baik selanjutnya adalah dalam pemberian pakan.Pakan kambing yang bisa diberikan antara lain dedaunan hijau, rumput, turi, daun lamtoro, dan lain-lain.
  4. Pengembangbiakan Kambing
    Kambing bisa melahirkan setiap 7 bulan sekali, dan anak kambing disapih pada usia 3 sampai 4 bulan. Kambing yang sudah dewasa dan siap untuk dikawinkan yaitu usia 8 sampai 10 bulan. Dan masa kehamilan kambing sekitar 5 bulan.
Itulah beberapa info mengenai ternak kambing yang baik.Semoga caraternak kambing yang baik tersebut bermanfaat.

loading...

Ikuti Update Kami