Banyak peternak burung yang kadang memiliki masalah karena ternaknya tidak bertelur. Burung secara produktif yang hidup di alam bebas memang produktif untuk bertelur. Salah satu burung yang diternakkan adalah Loverbird.Ada beberapa penyebab yang membuat Loverbird tidak cepat bertelur, yaitu sebagai berikut:


  1. Burung betina yang diternakkan adalah burung hasil persilangan antara Loverbird klep dan Loverbird non-klep.
  2. Peternak tidak mempunyai catatan umur induk, khususnya induk betina. 
  3. Burung yang dikawinkan sama-sama berkelamin jantan sehingga tidak akan pernah bertelur.

Dan cara ternak Loverbird agar cepat bertelur yaitu sebagai berikut :
  1. Peternak harus tahu umur burung Loverbird yang akan dikawinkan, pasalnya umur ini berguna untuk menentukan kapan betina sudah siap untuk dikawinkan. Untuk ancar-ancar, Anda bisa memilih Loverbird betina non-klep berumur 5 hingga 7 bulan. Atau Anda juga bisa memilih Loverbird klep umur 8 sampai 12 bulan.
  2. Loverbird adalah burung yang memiliki warna atau monomorfik seksual, yaitu burung jantan dan betina sangat mirip. Sehingga sangat mungkin terjadi burung yang dikawinkan itu sama-sama berkelamin jantan ataupun betina.
  3. Jangan menggunakan betina yang merupakan hasil persilangan antara Lovebird klep dan non klep. Sebab filial atau keturunan pertama yaitu semi klep sebagian besar memiliki sifat infertil. Dan dari beberapa kasus, Loverbird betina semi-klep gagal menghasilkan telur.
  4. Cara ternak Loverbird agar cepat bertelur selanjutnya adalah dengan menjaga kenyamanan kandang. Pastikan kenyamanan kandang terjaga, mulai dari penyinaran hingga alas kandang. Karena hal tersebut sangat berpengaruh pada betina apakah akan bertelur atau tidak. Kandang yang tidak nyaman biasanya akan membuat Lovebird susah untuk bertelur. Untuk penyinaran kandang, sebaiknya gunakan lampu dengan full spektrum. Pasalnya lampu ini mendekati spektrum matahari yang bermanfaat untuk pertumbuhan si burung. Tempatkan lampu di bagian atas kandang, dan Anda bisa memasang timer supaya burung dapat beristirahat minimal 10 jam di dalam kegelapan pada malam hari.
  5. Tempatkan juga pasangan lain dalam satu kandang. Karena hal ini bisa membuat suara pasangan lain memancing Lovebird agar cepat kawin dan supaya cepat bertelur.
Demikianlah yang bisa Anda ketahui mengenaicara ternak Loverbird agar cepat bertelur. Semoga informasi cara ternak Loverbird agar cepat bertelur tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua. 


loading...

Ikuti Update Kami