Burung Kenari atau yang dikenal dengan SerinusCanaria ini merupakan burung yang banyak dikembangbiakkan. Sebab burung ini memiliki suara dan bulu yang sangat menarik sehingga banyak disukai pecinta burung dan banyak pula yang melakukan ternak Kenari F1. Burung Kenari dibagi menjadi beberapa jenis seperti F1, F2, F3, YS, AF, AF 5, Lokal Super, dan Lokal.


Baca juga : Cara merawat kenari agar gacor

Cara Mengembang Biakkan Burung Kenari

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangbiakkan burung kenari jenis F1, berikut ini adalah penjelasan mengenai ternak kenari F1.

  1. Cara Perawatan Burung Kenari
    Untuk menghasilkan burung kenari yang berkualitas, perlu diperhatikan mengenai asupan makan dan nutrisinya. Selain makanan burung yang bisa didapatkan dipasar, Anda juga bisa menambahkan asupan makanan lainnya seperti kroto dan sayuran. Kroto dan sayuran ini akan menambah nilai gizi pada menu keseharian burung kenari.
  2. Proses Kawin Burung Kenari
    Proses perkawinan ternak kenari F1tidaklah sulit. Yang perlu diperhatikan hanyalah umur dari burung itu sendiri, yaitu harus cukup. Biasanya burung kenari yang siap dikawinkan yaitu 8 bulan untuk kenari jantan dan umur 6 bulan untuk kenari betina.
    Jika antara burung kenari jantan atau betina sudah cocok, mereka akan mengeluarkan suara atau saling berkicau. Lalu setelah sore hari, masukkan keduanya di kandang yang telah diberi serabut. Tanda apabila burung kenari akan bertelur yaitu saat si jantan sudah mulai membuat sarang. Proses kenari betina bertelur biasanya terjadi 6 hingga 9 hari setelah dikawinkan. Dan Anda bisa memisahkan induk jantan dari kandang betina jika akan bertelur. Biasanya induk betina akan bertelur 2 sampai 3 butir. Setelah itu telur-telur akan menetas setelah 14 hari. Usahakan saat pengeraman telur kandang dalam keadaan hangat dan bisa dibantu dengan memasang lampu pada kandang. Apabila telur telah menetas, maka pisahkan di kandang yang berbeda jika anakan sudah menginjak umur 20 hari.
  3. Pemberian Pakan Anakan Kenari
    Anda bisa menyiapkan extra fooding untuk membuat anakan kenari bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Jika anakan sudah mulai besar, maka tambahkan bijian mix dengan canary seed, sayur, dan buah secara rutin dan bergantian.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai ternak Kenari F1. Semoga informasi ternak Kenari F1tersebut bisa bermanfaat.


loading...

Ikuti Update Kami