Merpati tidak bertelur ini bisa di akibatkan oleh merpati betina yang bermasalah atau merpati jantan yang bermasalah, bisa juga karena faktor lingkungan yang bermasalah. Merpati yang baru beli biasanya cepat berjodoh, seperti dalam praktek yang kami lakukan, hanya butuh 1 - 2 hari bisa berjodoh, lain halnya bila merpati yang anda beli sudah langsung berjodoh. apabila sudah berjodoh yang dilakukan hanyalah membuatnya betah dikandang dan mau pulang.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas kenapa merpati harus cepat bertelur, hal ini biasanya dibutuhkan untuk merpati - merpati yang mengikuti perlombaan entah itu merpati balap dan merpati tinggian. Karna merpati yang dapat bertelur teratur atau terjadwal akan dapat kita ketahui kapan waktunya giring keket dan kapan waktunya dia akan bertelur. Gak mungkinkan kita ikut lomba waktu burung tidak giring, eh waktu kita asik - asiknya ingin mengikuti kompetisi perlombaan burung merpati kita malah bertelur.

foto search

Pakan Merpati Agar Cepat Bertelur

Di bawah ini ada beberapa tips semoga bermanfaat untuk anda 
Kita tentukan kapan waktunya burung bertelur dan kapan waktunya giring. Biasanya burung giring itu cuma lima hari, dan kita harus tau karakter burung kita susah atau cepat giringnya, jadi caranya burung yang akan kita ikutkan lomba digiringkan empat hari sebelum hari H perlombaan. jika dalam dua hari burung sudah giring brarti dua hari sebelum hari H perlombaan burung sudah giring. Waktu giring keket atau puncaknya itu dihari ketiga giring. Kesimpulannya kita menentukan/menjadwalkan burung yang akan mengikuti lomba dari cara kita mengatur pengeraman dan waktu kapan harus giring.
Makanan atau pakan exstra yang dapat membatu agar betina cepat bertelur. Kita bisa campurkan pakan dengan cangkang telor, bisa kita cari dari dari tukang martabak atau nasi goreng, Cangkangnya kita keringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur usahakan telor bebek, dan kita tumbuk/kita haluskan seukuran garam krosok, tidak usah halus banget si. Atau kita bisa campurkan dengan asinan burung (asinan tulang cumi) banyak dijual ditukang pakan, dan kita haluskan sama dengan cangkang telur, lalu kita aduk campurkan cangkang telor dan asinan tersebut.

Cara Burung Merpati Cepat Bertelur

Kali ini kami akan membagikan beberapa informasi kepada temen temen sekalian tentang cara burung merpati cepat bertelur 

Hal yang harus kalian miliki :
  1. Kurung yang tingginya 1 m, lebar 50 cm
  2. Burung merpati yang sudah jadoh, bila belum jodoh jodohkan dulu caranya :
  3. Masukan kedua burung kedalam kardus yang tingginya 30 cm dan lebar 50 cm.
  4. Berikan ventilasi udara pada kardus supaya burung tetap sehat.
  5. Simpan kardus atau burung ditempat yang tidak terkena cahaya. dan saat diberi makan lebih baik di tempat yang terang dan berilah makan sebanyak mungkin supaya burung tetap sehat 
Usahakan burung supaya giring kandang, cara cepat supaya burung giring kandang
  1. Simpan burung merpati di kandang berukuran 1m x 1m
  2. Letakan kandang di tempat terbuka seperti di atas Genteng , atau di letakan di tempat yang terlihat dari atas langit
  3. Kurung Kedua burung itu sampai 3 hari
  4. Lalu Kamu Ambil burung merpatinya dan coba Pegang Burung Merpati Di Dekat Pintu Kandang . Bila Si Burung Gak Mau Diam Berarti Itu Sudah Hampir Giring Kandang,  Bila Hanya Diam Saja itu Berarti Belum Giring Kandang
  5. Berilah makanan Pada Merpati itu Secara Teratur misalnya Pagi , Siang Sore . atau Pagi Dan Sore
  6. Berilah Makanan Yang Enak Menurut si Burung  Supaya  Si burung Lebih nyaman
  7. Bersihkan Kandangnya Setiap Hari Saat Sore Hari 
Langkah yang harus dilakukan
  • Masukan Kedua Burung Merpati Kedalam Kurung Ayam , pada pukul 08.00 - 09.00
  • Mandikan Memakai Semprotan Setrika Secukupnya
  • Lalu jemur Burung itu kira kira 2 jam di pagi hari dan biarkan si burung kawin seperti Gambar Diatas .
  • Sesudah Kering Lepaskan Si burung Supaya Berjemur Di atas Genting Bila Sudah Giring kandang

Share ya... semoga informasi ini bermanfaat untuk teman teman anda....


Baca juga



loading...

Ikuti Update Kami