Cara membedakan jenis kelamin anakan ayam bangkok usia 0-30 hari dengan tepat yaitu dengan father sexing dan vent sexing. dari kedua metode ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi untuk usia anak ayam satu sehingga beberapa hari. 

Teori Vent Sexing Teori ini dapat dilakukan dengan cara memeriksa kloaka atau alat kelamin secara langsung dengan cara membuka kloaka apakah didalam lubang kloaka tersebut ada benjolan kecil atau tidak. Jika pada kloaka anak ayam terdapat seperti benjolan kecil meruncing maka dapat dipastikan anakan ayam tersebut berkelamin jantan, namun juka pada kloaka tidak terdapat benjolan dan hanya terlihat lubang kloaka saja maka dapat dipastikan anak ayam tersebut berkelamin betina. Teori ini mempunyai akurasi yang sangat tinggi, namun mempunyai kelemahan yaitu teori tersebut hanya bisa dilakukan pada anak ayam umur 1-2 hari saja. 

Teori Feather Sexing Teori ini lebih mudah dilakukan dari pada Teori Vent sexing, karena hanya memeriksa langsung pada bulu sayap primer dan bulu sayapkecil. Untuk membedakannya silakan anda lihat pada gambar diatas. Bulu sayap primer anak ayam jantan mengalami pertumbuhan yang lambat atau mempunyai panjang yang sama dengan bulu sayap kecil (bulu sayap atas). Sedangkan bulu sayap primer anak ayam betina mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dan lebih panjang dari bulu sayap atas. Teori tersebut juga mempunyai tingkat akurasi yang tinggi jika dilakukan pada anak ayam umur 1-7 hari. 
foto search

Cara Membedakan Kelamin Anak Ayam Bangkok

Beberapa langkah mudah untuk mengetahui perbedaan anak ayam bangkok yang jantan dan betina selain dari teori diatas antara lain :

Cara yang pertama Kedua jari menarik kulit dari leher anak ayam aduan tersebut dan menggantungnya. Jika anak ayam aduan tersebut memberontak dan meronta-ronta berarti anak ayam berkelamin betina dan jika anak ayam aduan hanya terdiam saja berarti anak ayam berkelamin jantan.

Cara yang kedua Anak ayam dibalik diatas telapak tangan. Yang kita perhatikan adalah anak ayam aduan tersebut sewaktu dibalik ada ayam yang yang berusaha melawan dan ada juga yang hanya terdiam. Anak ayam yang berusaha melawan tadi dapat disimpulkan anak ayam berkelamin betina begitu juga jika anak ayam hanya terdiam berarti anak ayam tersebut berkelamin jantan.

Cara yang ketiga Anak ayam digantungkaan dengan cara dipegang kedua kakinya. Jika kita perhatikan sewaktu anak ayam digantungkan ada anak ayam yang terdiam juga ada ayam yang berontak dengan mengepakkan sayapnya. Ayam yang terdiam saja berarti mempunyai jenis kelamin jantan dan ayam yang mengepakkan sayapnya berarti ayam betina.

Baca juga
Cara melatih ayam bangkok juara
Pakan ayam bangkok berkualitas berdasarkan usia

loading...

Ikuti Update Kami