Apa si hamster itu ? 
Jawab :
Hamster merupakan binatang kecil dalam ordo redentia, yang artinnya termasuk dalam kelompok binatang pengerat seperti halnya kelinci, marmut, dan tikus. Hamster memiliki bentuk tubuh bulat, berbulu, memiliki aneka warna bulu, serta ekor pendek, tertutup bulu dan tidak jorok. Hamster sendiri bukanlah binatang asli Indonesia. Kebanyakan hamster berasal dari daerah sub-tropis sebelah utara, terutama sekitar Rusia, Mongolia, Cina bagian utara, dan Siria. Ada banyak ragam hamster di dunia. Walau demikian, hanya ada 4 jenis hamster yang umum dipelihara di Indonesia, yakni:

1.Hamster Siria,
2.Hamster Campbell,
3.Hamster Winter White, dan
4.Hamster Roborovskii

Cara Membedakan Hamster Jantan dan Hamster Betina

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membedakan hamster jantan dan hamster betina ada 13 perbedaan antara lain 
  • Pegang hamster kesayangan anda secara lembut dan perlahan balikkan hamster tersebut di telapak tangan anda biarkan dia telentang di tangan anda tetap dengan perlakuan yang penuh kasih sayang.

  • Jika sobat kesulitan membalikkan hamster sobat di tangan, coba masukkan ke dalam plastik dan lihat melalui piring dengan hati-hati. Ini dapat menghemat waktu sobat untuk mengamati jenis kelamin hamster. Gunanya memasukkan hamster ke dalam plastik adalah agar hamster tidak mudah kabur. Plastik tidak perlu di ikat cukup di lipat sedikit dan berikan beberapa lubang kecil untuk hamster bernafas agar pada saat di letakkan di piring hamster tidak akan kabur tapi masih bisa bernafas.

  • Pastikan umur hamster 3-4 minggu karena jika mengamati sebelum umur tersebut sobat akan kesulitan membedakan jenis kelamin hamster.

  • Lalu pada bagian belakang (pantat) hamster jantan lebih terlihat panjang dan bulat di bandingkan dengan hamster betina, terutama untuk hamster Cina. Biasanya hamster betina akan terlihat ekornya yang lebih memanjang.


foto search
Baca juga : Pakan merpati agar cepat bertelur
  • Ketika sudah berusia sekita 4 minggu, dapat di lihat bahwa hamster jantan memiliki skrotum dengan testis. Testisnya biasanya cukup besar dan kadang di salah artikan dengan tumor.

  • Sudah pasti hamster jantan tidak akan terlihat adanya bintik seperti hamster betina yang dimana di maksudkan adalah puting susu di sekitar bulu di perutnya.

  • Dan yang paling penting adalah perhatikan daerah kelamin hamster anda dengan cara:

Jantan : Memiliki 2 lubang yang terpisah kira- kira 1_2^1 cm. Lubang dekat bagian ekor adalah anus, sedangkan yang berada diatasnya merupakan lubang penile atau kelamin jantan.
Betina : Memiliki 2 lubang yang sangat dekat bahkan seperti menempel. Lubang dekat bagian ekor adalah anus, sedangkan yang berada di atasnya merupakan lubang liang peranakan. Hamter betina juga terlihat memiliki 4-6 buah puting susu di setiap sisi perutnya.

foto search
  • Biasanya hamster jantan akan terlihat lebih besar daripada hamster betina tapi tidak selalu. Berat badan hamster jantan yang dewasa biasanya itu 85 g – 140 g sedangkan untuk hamster betina hanya 90 g – 120 g.

  • Hamster jantan memiliki kehidupan reproduksi yang cukup panjang lebih dari hamster betina, yaitu sekitar 18 bulan. Sedangkan hamster betina hanya 14 bulan saja.

  • Hamster jantan memiliki kelenjar aroma bau yang lebih besar dari hamster betina sehingga mengeluarkan bau yang lebih pekat. Beberapa spesies hamster memiliki dua kelenjar aroma dan sisanya hanya memiliki satu kelenjar aroma. Kelenjar aroma itu menghasilkan minyak dan gunanya untuk menandai wilayah kekuasaan.

  • Biasanya bulu hamster jantan akan terlihat lebih kotor seperti tak terawat.

  • Bulu hamster betina akan terlihat lebih bersih dan terawat.

  • Hamster betina akan lebih aktif dan agresif ketika umurnya sudah 2 tahun ke atas.


Demikianlah cara membedakan hamster betina dan jantan.. semoga informasi ini bermanfaat untuk anda..


Baca juga


loading...

Ikuti Update Kami