Kucing Persia merupakan jenis kucing yang mempuanyai kemampuan hidup antara 10 sampai 15 tahun. Kucing persia memiliki ciri khas dari penampilan yang unik dan lucu. bahkan ada yang menganggap kucing ini mirip dengan boneka. Di Indonesia terdapat 4 jenis kucing persia yang menjadi idola untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah. Keempat jenis kucing persia tersebut adalah jenis kucing persia himalayan, peaknose, flatnose dan persia medium. Dari berbagai jenis kucing persia masing-masing mempunyai perawakan yang besar dengan mata dan kepala yang bulat disertai dengan telinga kecil namun memiliki pipi yang gembul membuat kucing persia disebut kucing cubby.

foto search

Jenis Kucing Persia Terpopuler

Di Indonesia terdapat 4 jenis kucing persia yang menjadi idola untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah antara lain :

Jenis Kucing Persia HimalayaKucing persia himalaya dikenal dengan jenis kucing berpola colorpoint. Colorpoint maksudnya adalah jenis ras kucing dimana tubuhnya merupakan perpaduan dari kucing persia dan kucing siam / siamese. Kucing persia Himalaya paling mudah untuk dikenali dibandingkan dengan jenis yang lain. Ciri khasnya adalah memiliki warna hitam hanya pada kuping, telinga, hidung, ekor dan ujung-ujung kaki dan selain itu warnanya putih mulai dari badan hingga leher. Untuk mengetahui jenis kucing lain yang tergolong dalam kategori kucing siam, silahkan mengunjungi artikel mengenai 4 jenis kucing siamese beserta ciri-cirinya.

Jenis Kucing Persia FlatnoseKucing persia jenis ini mendapatkan namanya karena kondisi hidungnya yang pesek. Sebenarnya kondisi hidung yang pesek ini membuat kucing persia menjadi lebih lucu karena dari tubuhnya yang gemuk dengan pipi yang gembul kucing ini mirip dengan boneka. Ada beberapa kalangan yang masih bingung untuk membedakan antara kucing persia flatnose dan persia peaknose. Keduanya hampir mirip namun kucing persia peaknose lebih nggemesi bila dibandingkan dengan flatnose.

Jenis Kucing Persia Peaknose
Kucing perisa peaknose merupakan jenis yang paling disukai dibandingkan dengan jenis-jenis kucing persia yang lainnya. Kucing persia peaknose memiliki popolaritas yang lebih tinggi dibandingkan jenis lain pada beberapa perlombaan kucing di Indonesia. Pembawaanya yang tenang menjadikan kucing jenis ini dirasa tepat untuk dipelihara didalam rumah. Hidung pada kucing persia peaknose itu lebih pesek bila dibandingkan dengan flatnose, bahkan semakin pesek hidungnya semakin mahal pula harganya.

Jenis Kucing Persia Medium
Tipe ini memang sedikit nanggung, tidak pesek hidungnya dan pawakannya juga tidak seperti persia himalaya. Beberapa persia medium memiliki bulu yang pendek / shor hair namun ada juga yang long hair. Di Indonesia jenis persia medium masih kalah bersaing dengan flatnose maupun peaknose.

Tips Merawat Kucing Persia Bagi Pemula

Beberapa tips yang harus dilakukan untuk perwatan kucing yang lucu satu ini bagi pemula :

Jika Bulu kucing persia anda sudah mulai kelihatan kusam dan kusut anda bisa konsultasikan kepada orang yang ahli menangani bulu kucing.Hal ini dikarenakan bulu kusust tersebut bisa menyakitkan dan membuat kulit mereka tertarik bahkan bisa membuat kucing anda terluka.
Apabila kucing persia anda memiliki bulu yang panjang hal yang harus anda lakukan adalah menyisirnya minimal 2 kali sehari menggunakan sisir logam agar bulu tetap terjaga dan bersih.
Anda harus memperhatikan makanannya.Pemberian nutrisi dan vitamin yang cukup setiap hari akan berdampak lebih baik dan membuat kucing anda tetap sehat dan bugar.Selain itu bulu kucing persia akan tetap selalu terjaga keindahannya.
Banyka beberapa kasus bahwa kucing persia banyak mengalami permasalahan pada saluran air mata.Jika hal ini terjadi biasanya kucing akan banyak mengeluarkan air mata untuk solusinya anda bisa membeli tisu khusus untuk membersihkan area mata dan hidung.
Luangkan waktu setiap hari untuk bermain atau becadaan dengan kusing tersebut.Hal ini bertujuan agar kucing menjadi jinak dan mematuhi perintah anda.Lakukan secara rutin walaupun hanya sebentar.
Biasakan kucing untuk berjemur dipagi hari.Panas pagi hari juga bagus untuk kesehatan kucing persia kesayangan anda.
Kucing Persia kurang lebih dapat hidup selama 20 tahun.Untuk itu anda harus merawatnya sungguh-sungguh agar kucing tidak mudah terkena penyakit.
Anda harus membersihkan kandang mereka setiap hari agar terjaga kebersihannya.Usahakan buat kandang bersih dan senyaman mungkin.
Jangan melakukan kekerasan dan membentak  kucing tersebut karena membuat kucing anda akan semakin strees.
Anda bisa menyeka bulu kucing setiap dengan menggunakan tisu bayi,agar kucing anda tetap wangi.Dengan menggunakan tisu bayi tidak akan membuat kucing anda alergi.

Share ya.., semoga informasinya bermanfaat...

-----------------------------------------------------------------------------

Baca juga
Cara ternak ayam kalkun
Cara melatih ayam bangkok juara


loading...

Ikuti Update Kami