Banyak sekali rahasia atau mitos di masyarakat yang mengatakan bahwa ayam cemani dapat mengusir roh jahat dan menangkal datangnya roh jahat, namun apakah benar semua mitos tentang khasiat ayam cemani. Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, yang asal-muasal sejarahnya berasal dari Pulau Jawa.Kata cemani berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya Hitam Legam,warna hitam ini menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata rongga mulut, lidah, pelatuk, bulu, sayap, ketiak, lubang dubur, siih, kaki,dan cakar.
Konon ayam cemani ini memiliki warna hitam yang sangat sempurna dengan presentase 100 % warna keseluruhan nya hitam, bahkan sampai warna daging tulang dan darahnya semuanya berwarna hitam, warna hitam menyelimuti seluruh tubuh dari bagian luar, hingga bagian dalam/jeroan nya, mulai dari tenggorokan, rongga mulut, lidah, semua nya hitam. 

Dulu nya asal-muasal ayam cemani ini adalah ayam kedu hitam, yang banyak dipelihara oleh masyarakat jaman dahulu di kahuripan desa Kedu pada jaman Kerajaan Majapahit abad ke 19.
Ayam ini adalah ayam yang sangat istimewah pada jaman nya, sehingga ayam ini sangat di sukai dan menjadi piaraan atau koleksi para gegeden, raja-raja jaman dahulu kala, Itulah yang membuat ayam ini menjadi sangat eksklusif, memiliki nilai jual yang sangat fantastis dan sangat berharga karena mengingat dulu nya saja ayam ini banyak dikoleksi para raja dan keturunan ningrat.

Ayam Cemani berasal dari Ayam keturunan kedu hitam, yang di seleksi memiliki kemurnian warna hitam dengan ciri khas bentuk jengger tunggal bergerigi (jantan).Entah berapa generasi seleksi tersebut dilakukan demi untuk populasi dan kelestariannya.Namun yang sangat memperihatinkan hingga saat ini populasinnya semakin berkurang dan menyusut dibandingkan populasi Ayam Cemani 100 tahun yang lalu, mengingat ayam ini sulit untuk di kembangbiakan hingga beranak-pinak, ke regenerasi anak dan turunan nya. 

Hal inilah yang membuat Ayam Cemani ini kini menjadi semakin langka, dan sulit di dapatkan, sehingga ayam ini menjadi banyak di buru dan di cari orang, hingga saat ini hanya segelintir orang saja yang memiliki nya,


Baca juga : Cara Ternak Ayam Cemani


Khasiat Ayam Cemani

Dikutip dari pencintabinatang.com mengatakan bahwa ada beberapa khasiat ayam cemani yang beredar di masyarakat antara lain : 

  1. Darah ayam cemani.
    Banyak yang percaya darah hitam ayam cemani bisa membuat lelaki kuat dalam berhubungan intum jika di minum. Banyak juga masyarakat yang percaya jika darah ayam cemani di oleskan ke kepala bayi dapat membuat bayi terhindar dari gangguan palasik atau makhluk halus lainnya. Memang dari hasil pengamatan saya darah ayam cemani memang memiliki wrana yang berbeda dari darah ayam normalnya namun secara logika dan medis darah ayam cemani belum di tes dan di buktikan kebenarannya.
  2. Bulu ayam cemaniBanyak masyarakat indonesia termasuk suku batak yang percaya jika bulu ayam cemani dapat menangkal roh jahat yang akan mengganggu jika bulu tersebut di simpan di dalam dompet. Banyak juka suku batak yang mempercayai jika menemukan ayam cemani di tengah hutan akan dan menangkapnya maka akan mendapatkan berkah dan juga kesehatan dari roh opung mereka yang telah meninggal. Berhubung saya sebagai penulisblog ini  adalah keturunan asli orang batak saya tidak percaya hal mistis tersebut karena tidak mungkin roh orang yang telah mati dapat melindungi kita.
  3. Minyak ayam cemani.Selain darah dan bulu ayam cemani ternyata masuarakat juga percaya akan minyak ayam cemani dapat menyembuhkan luka dalam seperti terkilir atau keseleo. Cara mendapatkan minyak ayam cemani pun sangat mudah hanya tinggal mengkukus daging ayam cenai beberapa menit saya maka kita akan mendapatkan minyak asli dari ayam cemani. Namun ini hanya merupakan kepercayaan masyarakat saya dalam ilmu kedokteran belum pernah di lakukan dan belum terbukti secara medis.
  4. Telur hitam ayam cemaniSeperti ayam kebanyakan ayam cemani juga bertelur namun hal yang tidak dapat saya jelaskan terkadang telur ayam cemani ada yang berwarna hitam. Telur hitam ini di percaya sebagai pembawa hoki, jika telur ini di simpan maka di percaya orang yang akan menyimpan telur ini akan selali tertimpa rejeki. Untuk mendapatkan telur inipun tidak sembarangan, hanya 1 dari 100 ayam cemani yang dapat menghasilkan telur berwarna hitam, secara logika tidak mungkin telur dapat mendatangkan hoki tanpa ada usah dari kita tidak akan mungkin rejeki datang.
  5. Daging ayam cemaniIni bukan sesuatu yang biasa lagi di lingkungan saya, daging ayam cemani biasanya di gunakan sebagai sesajen pada saat acara-acara tertentu. Seperti pada saat berjiarah ataupun pada saat acara adat di padu dengan nasi tumpeng membuat ayam cemani begitu istimewa. Saya tidak tahu kenapa tidak menggunakan ayam kampung atau ayam jago kenapa harus ayam cemani.?, namun sampai saat ini pertanyaan saya belum terjawab.

Demikianlah beberapa ulasan tentang rahasia khasiat ayam cemani yang sudah beredar di masyarakat namun belum pasti kebenaranya. hanya untuk nambah pengetahuan kita saja namun jangan terlalu dipercayai..,

semoga bermanfaat., jangan lupa like dan share ya, agar lebih bermanfaat untuk teman teman yang lain...



loading...

Ikuti Update Kami