Sarang lebah madu biasa disebut dengan propolis yang merupakan resin yang dikumpulkan oleh para lebah dari kulit pepohonan yang nantinya akan digunakan sebagai penutup lubang-lubang pada sarang mereka. propolis sendiri merupakan bahan bahan yang lengket dari tumbuh-tumbuhan. Kandungan dari propolis sendiri antara lain adalah protein, vitamin  A, B komplek, C, D, E, biotin, maupun Bioflavonoid menjadikan sarang lebah sangat baik untuk dikonsumsi.

Lebah merupakan salah satu jenis serangga yang hidup secara berkelompok atau koloni. Serangga yang termasuk dalam keluarga apidae ini dapat ditemukan hampir disemua benua, kecuali antartika. Lebah tinggal di sarang-sarang yang biasanya bisa kita jumpai di bukit-bukit, di pohon, maupun di atap rumah penduduk. Makanan lebah berasal dari nektar (madu) maupun serbuk sari bunga.


Baca juga : Cara Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah


Manfaat Sarang Lebah Madu

Adapun beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi sarang lebah antara lain adalah:

Anti jamur, Virus, maupun Bakteri Dalam Tubuh
Kandungan bioflavonoid dalam sarang lebah dapat membantu tubuh untuk menangkal pertumbuhan mikroorganisme seperti virus, jamur, maupun bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Kandungan tersebut sangat sensitive terhadap beberapa jenis virus seperti Staphyyococcus, Streptococcus, E. Coli, virus influenza, Herpes, H.Pilori, serta Salmonella typhosa.
Sebagai Sumber Antioksidan alami
Sarang lebah juga bertindak sebagai antioksidan alami yang dapat membantu tubuh dalam melawan serta menetralkan radikal bebas yang dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti tumor, kanker, penyakit jantung, stroke, atherosclerosis dan berbagai jenis penyakit lainnya.
Dapat Meningkatkan Sistem Immune
Kandungan biovlafonoid dalam sarang lebah mampu meningkatkan aktivitas sistem imuune dalam tubuh sehingga mampu menangkal berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, maupun mikroorganisme lainnya, seperti cirrhosis hepatitis, diabetes, gangguan saluran pernafasan, dan lain sebagainya.
Sebagai Antiperadangan
Mengkonsumsi sarang lebah (propolis) dapat membantu menghambat pengeluaran hormone yang dapat menyebabkan reaksi terhadap peradangan atau yang biasa disebut sebagai prostaglandine. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita rheumatoid arthritis seperti radang sendi maupun asam urat, penyakit nefritis, dan berbagai jenis penyakit lainnya.
Menjaga Kesehatan Sistem Pencernakan
Manfaat lebah lainnya adalah terdapat kandungan nutrisi yang terdapat dalam sarang lebah dipercaya mampu menangkal pertumbuhan bakteri helicobakter pylory yang merupakan bakteri penyebab timbulnya peradangan lapisan lambung seperti maag, ulcus lambung, dan lain sebagainya.
Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam sarang lebah dapat membantu proses pertumbuhan jaringan baru dalam tubuh, sehingga sangat baik jika dalam proses perawatan maupun penyembuhan luka.
Penangkal Stress
Kandungan nutrisi dalam sarang lebah juga sangat baik untuk membantu menekan saraf-saraf pada otak sehingga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, tenang, eserta dapat menekan rasa takut.
Baca juga : Cara Memelihara Bebek Dibelakang Rumah
-------------------------------------------------------------------------------------- 

Share..., semoga info ini bermanfaat untuk anda...

loading...

Ikuti Update Kami