Salah satu budidaya yang sangat berpotensi besar untuk wilayah idonesia yaitu budidaya sapi potong. mengingat kebutuhan akan konsumsi daging sapi yang semakin meningkat setiap tahun, dan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah harus menginpor dari luar negeri. maka itu dalam rangka memenuhi kuota daging sapi diperlukan upaya untuk memulai melakukan program pemeliharaan dan penggemukan sapi pedaging dinegeri sendiri guna mengurangi kuota impor daging dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa jenis sapi potong yang cocok untuk penggemukan atau di budidayakan yang prospeknya sangat bagus untuk pemenuhan kebutuhan daging dalam negeri pada setiap tahunnya serta mampu meningkatkan taraf hidup peternak. Pada umumnya jenis sapi pedaging atau sapi potong adalah jenis sapi yang pelihara untuk diambil atau dimanfaatkan dagingnya. adapun ciri-ciri sapi pedaging ini adalah memiliki perawakan yang besar sehingga daging yang dihasilkan juga banyak.


Jenis Sapi Potong Unggul

Beberapa jenis sapi potong unggul yang bagus untuk dibudidayakan atau di gemukkan untuk  memenuhi kebutuhan masyarakat adalah sebagai berikut :  

A. SAPI ANGUSSapi Angus merupakan jenis sapi pedaging unggul yang berasal dari negara inggris yang merupakan bagiandari daratan eropa. Dagingnya berkualitas bagus serta tidak banyak mengandung lemak itu adalah salah satu ciri khas sekaligus merupakan kelebihanyang dimiliki oleh SAPI ANGUS ini. sapi angus memeiliki perawakan tubuh yang sangat besar serta warna kulit hitam, sebagai ciri khas dari sapi ini. ciri khas yang lain dari sapi ini adalah sapi jenis ini tidak memiliki tanduk.


Baca juga : Jenis Kambing yang Cocok untuk Ternak dan Bisnis di Indonesia


B. SAPI BEEFMASTER
Sapi Beefmaster merupakan hasil persilangan  antara sapi Brahman jantan dengan sapi Shorthorn betina atau juga sapi Hereford dari inggris. dengan perawakan tubuh yang besar serta memiliki punuk dan juga berbulu dengan warna coklat kemerahan, adalah ciri-ciri yang dimiliki sapi BEEFMASTER ini.



C. SAPI BRAHMAN
Sapi Brahman dari india adalah salah satu jenis sapi potong unggul yang banyak diternak di indonesia. Sapi ini memiliki ciri-ciri fisik yang dapat dikenali seperti berpunuk besar, memiliki gelambir di leher. umumnya sapi brahman ini memiliki warna bulu coklat, merah, abu-abu dan hitam.




D. SAPI CHAROLAIS
Sapi Charolais ini sapi yang berasal dari negara perancis, dan dikembangkan pertama kali di negara amerika serikat. sapi ini memiliki perawakan tubuh besar dan berbulu warna putih dan krem.




E. SAPI CHARBRAY
Sapi Charbray  adalah jenis sapi yang didapat dari persilangan antara sapi charolais dengan sapi brahman. sapi ini memiliki warna bulu adalah berwarna krem. serta memiliki punuk dan tanduk seperti brahman namun tanduk yang dimiliki hanya kecil.


Baca juga : Alternatif Pakan Kambing Fermentasi


F. SAPI DROUGHMASTER
Sapi droughmaster merupakan persilangan antara sapi shorton dari inggris dan sapi brahman dari india. sapi jenis ini banyak dikembangbiakkan di negara australia dan sapi ini memiliki ciri-ciri dengan perawakan tubuh yang besar dan mempunyai bulu coklat kemerahan diseluruh bagian tubuhnya sebagai ciri khas sapi ini.




G. SAPI BRANGUS
Sapi Brangus merupakan persilangan dari SAPI ANGUS dan SAPI BRAHMAN sehingga didapatlah keturunan sapi yang diberi nama SAPI BRANGUS. ciri yang membedakan antara sapi brangus dan sapi angus terletak pada tanduk kecil yang dimiliki oleh sapi brangus. sementara sapi angus tidak memiliki tanduk sama sekali di kepalanya, selebihnya ciri lainnya antara sapi brangus dan sapi angus mempunyai banyak kesamaan.


Baca juga : Cara Budidaya Ikan Kerapu


H. SAPI HEREFORD
Sapi Hereford adalah jenis sapi dari inggris yang memiliki tubuh kekar, panjang khas sapi dari eropa. sapi hereford memiliki corak warna tubuh yang khas terutama dari perut , kaki dan kepala sebagai ciri yang mudah untuk mengenali jenis sapi ini.




I. SAPI LIMOSIN ( LIMOUSIN )
Sapi Limosin adalah sapi yang berasal dari prancis yang bertanduk kecil dan melengkung, berbulu tebal berwarna merah dan bertubuh besar. sapi ini memiliki tingkat pertumbuhan diatas rata-rata sapi pedaging yang lain.




J. SAPI MURRAY GRAY
Sapi Murray gray berasal dari daerah murray di australia. sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi angus dengan sapi shorthorn dari inggris. perawakan tubuh sapi ini hampir mirip dengan sapi angus dengan warna buluke abu-abuan.




K. SAPI SHORTHORN
Sapi Shortorn berasal dari inggris, punggungnya lurus badan tidak begitu kekar, bertanduk kecil, memiliki corak bintik-bintik kecil serta berwarna putih dan merah.




L. SAPI SIMMENTAL
Sapi Simmental berasal dari negara Swiss, Eropa. perawakan tubuhnya kekar, mudah jinak. memiliki warna bulu coklat ditubuh dan samping leher, serta warna putih dibagian kepala dan bulu ditelapak kakinya.



Baca juga : Ternak Sapi Bali



M. SAPI ONGOLE
Sapi Ongole berasal dari India dan banyak dibudidayakan di Indonesia, memiliki gelambir di lehernya dan berukuran tubuh sedang dengan warna bulu putih, hitam.




N. SAPI PO ( PERANAKAN ONGOLE )
Sapi PO ( Peranakan Ongole ) adalah persilangan dari sapi ongole dengan sapi lokal jawa, Indonesia. memilikipunuk dan gelambir di lehernya yang mirip sapi ongole. dapat digunakan sebagai sapi pedaging dan sapi pekerja. karena ukurannya yang tidak sebesar sapi ongole maka sapi POini harganya juga lebih terjangkau.




O. SAPI ACEH
Sapi aceh  erupakan persilangan antara sapi ongole dengan sapi lokal yang berupa sapi aceh. dimana sapi aceh ini memiliki ciri khas  yaitu seperti  warna bulu merah kecoklatan serta berpunuk kecil.



--------------------------------------------------------------------------------------------

Demikianlah ulasan tentang jenis sapi pedaging unggul untuk penggemukan, jenis sapi pedaging sama halnya sapi potong cocok dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan daging pada masyarakat. 

Semoga artikel ini bermanfaat, like dan share agar lebih bermanfaat untuk yang lainnya... 

Beberapa gambar dan keterangan diambil dari  www.penggemuksapi.com


loading...

Ikuti Update Kami