Ayam cemani merupakan ayam lokal orisinil nan berasal dari Kedu, Temanggung Jawa Tengah. Cemani berasal dari bahasa Sanskerta nan artinya berwarna hitam. Memang inilah karakteristik primer nan dimiliki dari binatang unggas ini. Hampir semua bagian dari tubuhnya berwarna hitam. Mulai dari bulu, paruh, kaki, jengger dan darahnya semuanya gelap. Bahkan nan kwalitasnya paling unggul, rona tulangnya dan kotorannya juga hitam. Namun, berbeda dengan ayam lainnya yang banyak diternakkan untuk di ambil daging dan telurnya. tetapi ternak ayam cemani tidak begitu banyak di ternakkan karena peminat akan daging ayam cemani tidak begitu banyak.


Baca juga : Peluang Usaha Bidang Ternak di Rumahan


Cara Ternak Ayam Cemani

Beternak ayam cemani sebenarnya tak jauh berbeda dengan beternak ayam biasa. Peternak tak perlu menggunakan teknologi nan terlalu modern. Ayam jenis ini malah lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Meski terlihat mudah, jangan mengesampingkan anggaran nan sebaiknya dilakukan buat beternak ayam ini. Jika dilakukan dengan maksimal, maka ayam akan mampu berkembang biak sinkron asa pemiliknya.

Pakan primer nan diperlukan juga cukup mudah didapatkan. Peternak dapat menggunakan sisa-sisa hasil pertanian seperti dedak padi, jagung giling, menir, gabah dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan ialah pengetahuan nilai gizi dari makanan tersebut serta harus disesuaikan dengan umur dari ayam cemani nan diternak.

Pakan ayam termasuk sumber energi sekaligus nutrisi bagi tubuh ayam. Jika pakannya sehat, maka ayam pun juga akan sehat serta mampu buat berkembang biak maksimal. Pakan akan mempengaruhi proses kehidupannya sebab di dalam pakan terdapat beberapa zat nan dibutuhkan oleh ayam buat hayati dan berkembang biaknya. Pakannya bisa ditanyakan kepada orang nan berpengalaman beternak jika itu dibutuhkan sekali. Jangan malu bertanya agar ternak ayam Anda berhasil dan sinkron sasaran ternak nan direncanakan.

Sedangkan, buat loka pemeliharaan dapat menggunakan kandang berlantai dawai atau memakai bambu. Dapat juga di lantai tanah biasa atau lantai semen nan diberi serbuk gergaji secukupnya. Ukurannya disesuaikan dengan besar dan jumlah ayam nan dipelihara. Untuk ayam cemani ukuran dewasa, setiap satu meter persegi maksimal empat ekor saja.

Yang perlu diperhatikan, kandang ayam tak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Ventilasinya juga harus cukup buat keluar masuk udara, sehingga ayam cemani dapat terus bernafas dengan lega. Selain itu kebersihan kandang juga harus selalu dijaga, agar tak menimbulkan penyakit.

Meski sistem pemeliharaannya masih menggunakan pola tradisional, namun bila manajemennya menggunakan sistem agribisnis secara utuh dan modern, dipastikan akan mendatangkan laba nan maksimal. Itulah pentingnya mengetahui teknik beternak ayam ini. Silakan mempraktekkannya jika hendak mengetahui hasilnya.

Kebersihan serta kesehatan kandang nan menjadi loka hidupnya, memiliki posisi nan tak kalah pentingnya dengan pakan. Jadi, beberapa teknik di atas termasuk teknik beternak ayam jenis ini nan saling berpengaruh satu sama lain. Tentu saja tak dibolehkan beternak ayam tapi tak mau merawat serta memliharanya.

Ayam juga termasuk makhluk nan memiliki hak buat hayati dengan baik. Terlebih lagi seorang peternak nan mengetahui hasil dari ternaknya akan mempengaruhi kehidupannya. Kebutuhan hayati nan semakin majemuk menjadi seseorang pandai membaca peluang sekaligus menjaga peluang dengan baik. Seperti halnya peluang usaha ayam dengan informasi teknik beternak ayam ini.

Keduanya saling berpengaruh dan tak terpisah begitu saja. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, maka teknik beternak ayam ini tak boleh asal-asalan. Teknik beternak harus sahih dan jika membutuhkan buat diskusi maupun bertanya, maka silakan melakukannya bersama dengan orang nan ahli. Jangan menjadikan peluang usaha terhambat bahkan tertutup hanya sebab teknik memeliharanya salah hingga ayam tak mampu hayati nyaman.

Ayam jenis ini harganya memang sangat menguntungkan pemiliknya, jadi tekniknya dalam memelihara harus diperhatikan serta dilakukan semaksimal mungkin. Ayam juga makhluk hayati meski hanya bertubuh kecil. Tapi jangan lupakan peluang usahanya jika memang Anda berkeinginan membuka usaha. Selamat berkarya!

Demikianlah ulasan tentang  cara ternak ayam cemani, semoga bermanfaat 
..


loading...

Ikuti Update Kami