Dalam memelihara kambing entah untuk di ternak untuk mengembang biakkan ataupun untuk penggemukan kambing salah satu faktor penghambatnya adalah pasokan pakan yang setiap hari dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi kambing. Cara membuat pakan ternak dengan menggunakan limbah jerami, pohon pisang (debok pisang), bungkil kedelai. Merupakan faktor keberhasilan dalam beternak kambing, walaupun tidak bisa melupakan faktor lain seperti cara pemeliharaan bibit, cara membuat kandang, kalkulasi atau managemen dalam beternak dan masih banyak faktor lain yang menentukan atas keberhasilan dalam beternak.




Baca juga : Jenis Sapi Potong Unggul Untuk Penggemukan


Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing

Berbicara mengenai kambing yang sehat, gemuk, berbobot berat ini tidak terlepas dari perawatan dan pemberian pakan yang bagus. salah satu pakan yang bagus untuk diberikan kepada hewan ternak kambing adalah dengan memberikannya pakan fermentasi atau dengan pemberian suplemen. adapun cara-cara membuat pakan fermentasi untuk kambing ada di bawah ini : 
  1.  Memperbaiki sistem pencernaan kambing.
  2.  Meningkatkan produksi susu kambing (terutama pada susu kambing etawa)
  3.  Bobot ternak cepat bertambah secara alami, gemuk, dan sehat.
  4.  Meningkatkan nafsu makan kambing
  5.  Daging kambing lebih berisi serta rendah kolesterol.
  6.  Kambing ternak lebih kebal dan tahan terhadap penyakit.
  7.  Kotoran kambing tidak bau sehingga tidak mencemari udara lingkungan.
  8.  Kotoran dan urine kambing lebih sedikit dan bisa digunakan sebagai pupuk kandang/biogas alami.
  • Jerami/Pohon Pisang (debog, sebagai alternatif jerami) dipotong-potong/dicacah kecil-kecil. Lalu siapkan larutan dari gula dan parutan nanas dicampur dengan air untuk fermentasi basah (gedebog) 1 liter dan jumlah air untuk fermentasi kering (jerami) sebayak 10 liter.
  • Di sisi lain, campurkan bahan utama yaitu jerami/pohon pisang, Ampas tahu dan Katul ke dalam wadah yang besar.
  • Larutan yang berisi air, gula pasir dan parutan nanas 1 buah tadi aduk rata dan diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit. Kemudian masukan lagi larutan itu kedalam air ±10 liter lalu siramkan secara merata ke dalam campuran pakan dalam wadah besar, kemudian sebagai tambahan taburkan garam dan aduk lagi terus menerus hingga semuanya tercampur rata.
  • Masukan Pakan kedalam ember/drum plastik lalu tutup dengan terpal/plastik tujuannya agar kedap udara selama kurang lebih 1 hari jika menggunakan bahan jerami (Kering) dan jika menggunakan bahan batang pohon pisang/debog (Basah) cukup 1-3 jam.
  • Pakan fermentasi siap untuk diberikan pada ternak kambing atau sapi setiap pagi dan sore.


-------------------------------------------------------------------------------------

Share.... semoga bermanfaat

loading...

Ikuti Update Kami