Melatih pernafasan sangatlah penting bagi burung merpati agar bekerja secara maksimal. Melatih nafas burung merpati tidak bisa secara praktis melainkan perlu proses panjang. agar nafas merpati kuat perlu adanya latihan luar dan dalam. latihan fisik dan perawatan yang baik sangat dibutuhkan oleh merpati, selain itu pemilihan merpati juga diperlukan ( pilihlah merpati yang berbadan bentuk segitiga atau ngejantung ) karena ruang pundi-pundi udara pada merpati ini lebih besar. 

Nafas yang kuat berasal dari kekuatan fisik yang bagus. Kita harus memfokuskan pada kekuatan fisik dan pembiasaan merpati untuk mengoptimalkan energi yang ada. 

foto search

Baca juga : Jamu burung merpati untuk stamina


Cara Melatih Nafas Burung Merpati


Jemur Burung Merpati
Penjemuran merpati yang rutin dapat memperpanjang nafas. Selain itu juga dengan penjemuran akan meningkatkan kemampuan fisik dan menambah sehat. Karena pada cahaya matahari banyak kandungan penting yang dibutuhkan makhluk hidup. Penjemuran dilakukan pada jam 8-10 pagi.
Melatih Merpati dengan Rutin Latihanlah merpati dengan rutin dan teratur agar kemampuan fisik merpati meningkat. Jika diperhatikan merpati piyik yang baru turun kelapangan baru di lop beberapa terbangan akan ngosngosan dan lelah. Itu karena fisik merpati piyikan belum sepenuhnya terbentuk. Sama seperti halnya jika kita jarang berlari, sekalinya berlari nafas langsung habis tetapi jika sudah terbiasa maka nafaspun menjadi kuat. 
Pemberian Jamu
Ada beberapa jamu yang bisa membuat nafas lebih panjang. Jamu ini ada banyak silahkan di cari masing-masing di produsen yang terpercaya.

Jika perawatan sudah rutin namun nafas masih pendek ada kemungkinan burung merpati terkena penyakit nafas, Penyakit nafas yaitu penyumbatan disaluran pernafasan akitabat bakteri yang bernama clamydia. Obat dari penyakit ini adalah Doxycicline untuk mengatasi bakteri yang mengganggu saluran pernafasan. Atau bisa juga pada bagian organ tubuh burung merpati yang tidak normal, jika dipegang terasa keras dan berat. sekian dulu ya.. semoga info ini bermanfaat...

Baca juga
Cara mengganti pasangan burung merpati

---------------------------------------------------

Share ya.. semoga bermanfaat


loading...

Ikuti Update Kami