Teh Hijau merupakan salah satu minuman herbal alami yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. salah satunya adalah untuk membantu menurunkan berat badan, karena dalam teh hijau terdapat plifenol yang tidak hanya baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, tapi juga dapat mempengaruhi penyerapan lemak tubuh. 

Ternyata pemilihan waktu dalam mengkonsumsi teh hijau juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan minum teh hijau sebelum tidur sumber dari www.merdeka.com :

Salah satu manfaat penting dari minum teh hijau sebelum tidur adalah dapat membuatmu merasa rileks. Kandungan asam amino dan L-theanine akan membuat otakmu jadi rileks sehingga kamu bisa tidur nyenyak.
Catechin adalah salah satu antioksidan yang paling kuat dan zat ini terkandung di dalam teh hijau. Sehingga minum teh hijau bisa membantumu dalam membunuh semua kuman dan bakteri.
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tidur yang nyenyak bisa diperoleh saat metabolisme berjalan dengan lancar. Dan minum teh hijau akan membuat sistem metabolisme tubuhmu meningkat.
Selain karena kandungan catechin, polifenol yang ada di dalam teh hijau juga bisa mencegah serangan virus penyakit berbahaya. Bahkan meminum teh hijau di malam hari dapat mengurangi risiko flu hingga 75%.
Minum teh hijau di malam hari akan merangsang pergerakan usus di pagi hari. Hal ini berarti akan membantu dalam menghilangkan semua limbah di usus yang penting untuk mendukung kesehatan pencernaan.
Apa lagi manfaat minum teh hijau sebelum tidur? Penelitian membuktikan bahwa minum teh hijau akan meningkatkan fungsi otak dan fungsi kognitifmu sehingga kamu pun jadi lebih pintar.
Terakhir, risikomu untuk terkena kanker akan menurun dengan rajin minum teh hijau sebelum tidur. Sebab teh hijau memiliki komponen sehat untuk melawan pertumbuhan radikal bebas. Dengan demikian kamu bisa terhindar dari risiko kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker kolorektal.

Minum teh hijau menurut liputan6.com sebaiknya diminum di pagi hari. Sebab bila dikonsumsi sebelum tidur, maka akan mengganggu istirahat anda. begitu disampaikan oleh Ratna Soemantri Ketua Komunitas Pecinta teh sekaligus Ketua Bidang Promosi Dewan Indonesia.

"Teh hijau bisa membuat seseorang susah tidur karena kandungannnya bisa membantu konsentrasi maka teh ini sebaiknya dikonsumsi di pagi hari," kata Ratna.

Kendati demikian, kata Ratna, bila Anda ingin mengonsumsi teh hijau di pagi hari, Anda harus sarapan terlebih dahulu. "Jangan minum teh hijau saat perut kosong karena merangsang asam lambung. Tapi jika Anda merasa agak enek, biasanya bisa diatasi dengan makan manis. Makanya upacara minum teh di Jepang, selalu ada sajian makanan manis untuk memastikan perutnya tidak kosong."

Baca juga : Khasiat Jus Kulit Manggis 

Cara Minum Teh Hijau yang Benar

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, Anda juga harus memperhatikan cara minum teh hijau yang benar. Berikut ini cara minum teh hijau yang benar untuk menurunkan berat badan.

1. Minum teh hijau tanpa gula dan Perasa Tambahan
Teh hijau yang paling bagus adalah teh hijau dengan rasa asli tanpa gula dan perasa tambahan. Teh hijau yang diolah pabrik biasanya sudah berkurang atau hilang kandungan antioksidannya. Sedangkan teh hijau yang dikemas dalam botol biasanya juga sudah diberi pemanis buatan dan zat-zat kimia lain. Bahkan mungkin kalorinya lebih tinggi daripada minuman soda atau sari buah.

2. Pilih Produk Teh Hijau yang Berkualitas
Pilihtah teh hijau dari produk yang sudah terpercaya karena lebih menjamin kualitas daun tehnya. Teh hijau yang berkualitas adalah yang minim atau tidak mengandung sekali bahan-bahan kurang penting. Tentu saja harganya mungkin lebih mahal dari pada teh hijau produk biasa.

3. Minum Teh Hijau Saat Panas
Sebenarnya diminum dalam keaadan dingin atau panas teh hijau tetap sehat. Namun es dalam minuman bisa mencair dan bercampur dengan air teh sehingga kepekatannya berkurang. Sehingga dapat mengurangi khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya minum saat panas atau hangat.

4. Cara Menyeduh Teh Hijau
Beda jenis teh maka berbeda pula cara menyeduhnya. Untuk menyeduh teh hijau, seduh dengan air yang suhunya 80-90 derajat Celcius. Proses penyeduhan juga tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian.

5. Jangka Waktu Penyimanpanan Teh Hijau
Semakin segar daun teh, khasiat dan rasanya akan lebih baik. Oleh sebab itu segera konsumsi teh hijau yang baru di beli dan jangan menyimpan terlalu lama. Jika mengonsumsi daun teh atau yang telah dikemas dalam kantung, habiskan dalam jangka waktu maksimal enam bulan. Lebih dari itu, khasiat antioksidan teh hijau akan berkurang.

Demikianlah ulasan tentang informasi teh hijau semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa di share dan di like ya...

selamat mengkonsumsi...


loading...

Ikuti Update Kami