Buah kelapa siapa yang tidak mengenalnya, sebagai warna negara indonesia pasti mengenal yang namanya buah yang satu ini. Buah kelapa ketika masih muda sangat segar dinikmati, di buat sebagai es dugan namanya. selain itu buah kelapa ketika sudah tua bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan salah satunya adalah diambil santan. Santan kelapa adalah makan yang kaya nutrisi, mengandung kalsium, lemak Omega 3, serat serta protein.

Beberapa Nutrisi yang Terkandung dalam Santan

Kalori. Kandungan kalori dalam santan terbilang cukup tinggi, yaitu 120 kalori untuk setiap sendok makan santan. Mengonsumsi 1 sendok makan santan per hari cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
Lemak. Kandungan lemak santan terdiri dari beberapa jenis, yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak omega 3, lemak omega 6 dan lemak tak jenuh tunggal. Dengan konsumsi yang tepat, lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan serta melumasi sel-sel dan sendi.
Gula. Rasa santan yang sedikit manis disebabkan kandungan sejumlah kecil gula seperti glukosa dan fruktosa, hanya sekitar 1 - 2 persen gula saja. Gula bermanfaat untuk energi bagi tubuh.
Kalsium. Satu cangkir santan kelapa mengandung sekitar 200 IU kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi.
Protein. Meskipun kandungan protein dalam santan termasuk rendah, namun kandungan alanin, sistin, arginin dan serene yang mudah dicerna tubuh tetap bermanfaat untuk mempertahankan dan membangun sel-sel baru. Juga bermanfaat untuk rambut, kuku dan kulit.
Selain kandungan nutrisi tersebut, santan juga mengandung bermacam mineral seperti natrium, kalium, fosfor, zat besi dan tembaga.

Kandungan Gizi Santan Kelapa

Vitamin dan Mineral Vitamin C, E dan banyak vitamin B yang melimpah dalam “susu” kelapa. Vitamin C dan E membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan vitamin B yang bertanggung jawab untuk menyediakan energi untuk sel. Air kelapa juga kaya magnesium, kalium, fosfor, dan zat besi. Magnesium bertanggung jawab untuk banyak fungsi biokimia dalam tubuh, termasuk mengatur irama jantung dan mendukung fungsi sel saraf. Kalium mempertahankan jaringan jantung, ginjal, otak dan otot. Fosfor membuat gigi dan tulang yang kuat, dan besi menciptakan sel-sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Tambahkan santan ke sereal dan minum dua gelas atau setiap hari untuk menerima manfaat ini.

Antioksidan "Ceylon Medical Journal" mencatat bahwa air kelapa kaya akan antioksidan, yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas berhubungan dengan perkembangan banyak penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer dan demensia yang berkaitan dengan usia. Antioksidan dapat membantu membalikkan kerusakan sebelumnya dan menunda proses penuaan. Minum segelas air kelapa sambil makan makanan lain yang kaya antioksidan, seperti kemiri, kismis dan cranberry. Santan bisa menjadi penambah energi makanan ringan yang kaya akan antioksidan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membangun kembali sel-sel yang rusak dalam tubuh Anda.
Asam Laurat Santan kelapa kaya akan asam laurat, asam lemak rantai yang juga terkandung dalam air susu ibu. Menurut National Center for Biotechnology Information, asam laurat memiliki banyak manfaat seperti sebagai antibitotik, anti-jamur dan anti-virus sifat yang sangat efektif dalam membersihkan tubuh dari virus, bakteri dan penyakit yang tak terhitung jumlahnya. Asam laurat juga dapat mengurangi kolesterol dan trigliserida, yang menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Penyakit Jantung Menurut "Ceylon Medical Journal," lemak kelapa tidak mengandung asam trans-lemak. Daging buah kelapa mengandung monogliserida, yang mana tubuh menyerap dan menggunakannya menjadi  energi tak lama setelah dikonsumsi.

Demikianlah ulasan tentang kandungan gizi pada santan kelapa, yang bisa menambah wawasan pengetahuan kita akan pentingnya yang terkandung di dalam santan. semoga bermanfaat,..

Terimakasih sudah di baca artikelnya... 

loading...

Ikuti Update Kami