Manfaat cumi-cumi bagi kesehatan tubuh kita sangat banyak sekali selain rasanya yang kenyal dan enak menurut saya, sepertinya cumi-cumi juga diminati banyak masyarakat di indonesia, terutama penggemar makanan seafood. biasanya cumi-cumi ini dijual di pasaran dalam bentuk segar dan kering asin, kalau segar pastinya enak tapi kalau kering belum pernah nyoba sih.. mungkin tetap enak.. Cumi bisa di olah dan menjadi makanan yang cukup enak dinikmati, bisa di olah menjadi cumi bakar, cumi goreng tepung, cumi saus tiram, cumi asam manis dan masih banyak lagi yang lainya.. untuk cara mengolahnya silahkan bisik bisik sama tetangga ya...

12 Manfaat Cumi Cumi Untuk Kesehatan

Memperkuat tulang
Coba anda lihat tabel kandungan gizi cumi-cumi diatas. 100 gram cumi-cumi mengandung 270 mg, dan 2,7 mg zat besi. Kandungan tersebut sama halnya telah memenuhi kebutuhan gizi harian anda sebesar 17% fosfor, 8% seng dan 10 % magnesium dari total kebutuhan harian anda.
Kandungan tersebut baik untuk kesehatan tulang, memperkuat susunan sel-sel tulang yang kurang padat dengan memicu pembentukan sel-sel baru pengganti sel tua pada tulang.
Menambah nafsu makanAnda punya masalah terhadap nafsu makan, atau mungkin anak-anak anda yang sulit makan? Hasil studi oleh Amerika Reseacrh mengklaim bahwa kandungan vitamin dalam cumi-cumi memiliki pengaruh untuk meningkatkan nafsu makan yang sehat.
Kandungan mineral dalam cumi-cumi ini mampu menyehatkan sistem pencernaan manusia seperti lambung hingga usus.
Mengoptimalkan Sel Darah Putih
Hewan biasanya memiliki cara untuk melindungi diri dari serangan musuh. Begitu juga dengan cumi-cumi, yang dilakukannya adalah dengan mengeluarkan tinta dari tubuhnya. Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan ada zat khusus dalam tinta tersebut yang menjadikannya istimewa. Setelah diuji tinta cumi-cumi turut mengaktifkan sel darah putih yang baik untuk memberantas kuman-kuman atau bibit penyakit dalam tubuh manusia.
Mengatasi tumor
Seperti yang disebutkan diawal bahwa tinta cumi-cumi bisa digunakan untuk mengatasi tumor. Dengan cara tinta tersebut di injeksikan kepada penderita tumor. Namun ini masih dikaji lebih dalam oleh para pakar mengenai keabsahannya dan dosis yang dibutuhkan untuk mendukung sifat tinta untuk memerangi tumor.
Asumsi mengenai dugaan manfaat tinta cumi-cumi tersebut di awali dari uji coba yang dilakukan Hiroki dari Jepang University yang menyuntikkan tinta cumi-cumi ke dalam 15 tubuh tikus yang terkena tumor. Hasilnya dari 15 tikus yang diinjeksikan, 3 diantaranya mati dan 12 tikus sisanya tetap hidup yang artinya bahaya kematian dari tumor ganas bisa direduksi. Dengan penelitian tersebut dilakukan penelitian lebiih dalam dan ditemukan bahwa dalam tinta cumi-cumi terdapat kandungan mineral vitamin A yang memang berpengaruh pada penyakit tumor. Artinya resiko kematian yang disebabkan oleh tumor ganas akan mampu diatasi.
Dilihat dari nilai giziCumi-cumi memiliki kandungan gizi yang luar biasa karena kandungan proteinnya cukup tinggi, yaitu 17,9 g/100 g cumi segar. Daging cumi-cumi memiliki kelebihan dibanding dengan hasil laut lain, yaitu tidak ada tulang belakang, mudah dicerna, memiliki rasa dan aroma yang khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino esensial yang dominan adalah leusin, lisin, dan fenilalanin. Sementara kadar asam amino nonesensial yang dominan adalah asam glutamat dan asam aspartat.
Pertumbuhan Kerangka TulangCumi-cumi juga mengandung beberapa jenis mineral mikro dan makro dalam jumlah yang sangat tinggi.
Mineral penting pada cumi-cumi adalah natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium. Fosfor dan kalsium berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang, sehingga penting untuk pertumbuhan anak-anak dan mencegah osteoporosis di masa tua. Selain kaya akan protein, cumi-cumi juga merupakan sumber vitamin yang baik, seperti vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B12, niasin, asam folat, serta vitamin larut lemak (A, D, E, K).
Dapat Menurunkan Kandungan Kolesterol Dalam DarahKadar lemak pada daging cumi relatif rendah, yaitu 7,5 g/100 g bahan, masing-masing terdiri 1,9 g asam lemak jenuh; 2,7 g asam lemak tidak jenuh tunggal; serta 2,1 g asam lemak tidak jenuh ganda. Termasuk ke dalam asam lemak tidak jenuh ganda adalah omega 3 yang dapat menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.
Walaupun demikian, konsumsi cumi-cumi berlebih harus dihindari karena kadar kolesterolnya lumayan tinggi, yaitu mencapai 260 mg/100 g bahan. Di dalam kelompok ikan laut, kadar kolesterol pada cumi, udang, lobster, dan kepiting, memang tergolong tinggi. Namun, kadar kolesterol pada produk perikanan tersebut masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan kuning telur, hati, jeroan, serta otak ternak.
Pembentukan Sel Darah MerahCumi-cumi juga kaya akan Omega-3, protein, vitamin B, iodium dan berbagai mineral. Kandungan tembaga pada cumi-cumi baik untuk pembentukan sel darah merah.
Kesehatan bagi jantungPara ahli mengungkapkan, cumi-cumi merupakan sumber makanan laut yang kaya akan protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Kandungan tembaga pada cumi baik untuk penyerapan tubuh, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah. Namun sebaiknya hindari konsumsi cumi dengan cara digoreng.
Ups maaf temen temen ternyata hanya ada 9.. tapi masih banyak yang belum saya sebutkan yang kandungan gizi dalam cumi-cumi yang bisa kita temukan dan rasakan setelah kita menkonsumsinya.. semoga bertambah wawasan anda dan semoga bermanfaat...
silahkan baca juga artikel tentang 

loading...

Ikuti Update Kami