Cara Membuat Umpan Ikan Mas Untuk Hasil Pancingan yang Banyak - Apakah anda termasuk salah satu dari penghobi mancing ikan mas. hanya sekedah melepas kejenuhan dalam bekerja dan ingin melepaskan kepenatan dengan memancing ikan mas. sebelum memancing ikan mas ikan mas kita harus mengetahui beberapa tahan selain menyiapkan tail/pancingnya kita juga harus menyiapkan pakan untuk umpannya. dalam pembuatan umpan ikan mas ada harus mengetahui resep respnya agar hasil yang di peroleh sesuai dengan yang di kehendaki.

Resep umpan ikan mas yang bagus akan menambah keefektifan dalam memperoleh hasil pancingan. karena sudah tidak diragukan lagi umpan ikan mas yang di buat berdasarkan resep umpan pancing khusus ikan mas ini telah di gunakan dalam berbagai lomba memancing ikan mas. selama ini yang kita ketahui umpan ikan mas hanyalah berupa umpan pancing yang alami, seperti cacing tanah kecil kecil atau ulat, orong orong, jangkrik dan daun pisang.

Dalam perkembangan di dunia pemancingan ternyata umpan ikan mas itu bisa kita buat dengan racikan sendiri berdasarkan resep umpan khusus untukikan mas. Resep umpan ikan mas ini dibuat dari bahan bahan yang alami, sehingga sangat baik untuk dijadikan umpan pancing.


Cara Membuat Umpan Ikan Mas Untuk Hasil Pancingan yang Banyak

Bagi anda anda yang hobi memancing disini ada beberapa bahan-bahan untuk Membuat Umpan Pancing yang bisa anda terapkan...

Semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat umpan pancing putih khusus ikan mas ini relatif mudah didapat dan harganya juga terjangkau. Penasaran ingin praktik langsung membuat umpan putih khusus ikan mas ini? Oke, siapkan bahan-bahan berikut ini.
Telur semut rang-rang atau yang sering disebut dengan kroto sesuai kebutuhan. Harga kroto ini di setiap daerah bervariasi, tinggal menyesuaikannya saja.
Susu bubuk satu sachet. Beberapa merek susu menyediakan susu bubuk dalam kemasan sachet. Belilah satu bungkus untuk menambah kelezatan umpan pancing ini.
Santan instan atau santan siap pakai satu bungkus, beredar juga beberapa merek santan jenis ini, seperti Kara dan sebagainya.
Dua butir telur ayam. Telur ayam ini bersama susu bubuk tadi adalah bahan dasar untuk membuat umpan putih yang mantap dan lezat.
Kinoy atau pengeras umpan.
Keju secukupnya. Keju banyak terdapat di toko roti ataupun swalayan.
Dua helau daun pandan.
Esen tengiri, yang dapat dibeli di toko roti.

Cara Membuat Umpan Pancing


Setelah semua bahan terkumpul, pembuatan umpan pancing putih untuk ikan mas ini dapat segera dimulai. Langkah pertama, siapkan mangkok berukuran cukup untuk menampung bahan yang kita siapkan tadi. Mangkok ini juga berfungsi sebagai tempat kita meracik atau meramu bahan-bahan yang kita dapakan menjadi sebuah umpan pancing yang jitu.

Setelah mangkok disiapkan, ambil dua butir telur ayam yang telah disiapkan. Pecahkan dan taruh isi telur ayam tadi ke mangkok racik yang telah disiapkan. Setelah kedua isi telur ayam tersebut masuk di mangkok, kemudian disusul susu bubuk sachet tadi dan santan secukupnya ke mangkok. Setelah ketiga bahan tersebut masuk ke dalam mangkok, aduk secara perlahan-lahan hingga merata.

Perhatikan susu bubuknya saat mengaduk racikan umpan pancing. Pastikan susu bubuk tadi tidak menggumpal. Penggumpalan susu bubuk membuat adukan ramuan umpan pancing tidak merata dan mengurangi performa umpan tersebut nantinya. Susu bubuk memang akan sedikit menggumpal karena tidak diberi air panas. Oleh karena itu, usahakan aduk adonan dengan telaten hingga gumpalan susu tersebut berkurang dan akhirnya hilang. Cara mengaduknya santai saja, tidak perlu terburu-buru atau terlalu cepat agar hasil adonan lebih merata dan susu bubuk benar-benar tak menggumpal.

Setelah adonan yang berisi tiga bahan di atas diaduk hingga merata. Bahan berikutnya yang akan dimasukkan ke dalam adonan umpan pancing tersebut adalah telur semut rang-rang atau yang sering disebut dengan kroto. Masukan telur semut rang-rang atau kroto tersebut dengan takaran secukupnya. Setelah kroto dimasukkan ke dalam mangkok, lakukan kembali pengadukan secara perlahan-lahan hingga merata.

Setelah merata, campurkan esen tengiri untuk membuat adonan umpan pancing tersebut memiliki aroma khas yang menarik bagi ikan mas. Banyak pemancing yang berpengalaman mengatakan bahwa kunci atau rahasia kemantapan dari umpan pancing yang diracik ini terdapat pada esen tengiri tersebut. Esen tengiri tersebut ternyata menimbulkan bau atau aroma yang khas tengiri. Sehingga, menarik bagi ikan mas.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mencampur esen tengiri ini adalah takarannya, jangan sampai berlebihan. Takaran esen tengiri yang berlebihan tidak membuat ikan mas tertarik, tapi malah menjauhinya. Takaran esen tengiri yang pas menurut para pemancing yang berpengalaman dalam meracik umpan pancing ini adalah satu tutup botol saja agar bau yang ditimbulkan tidak terlalu menyengat dan menarik ikan mas untuk datang dan melahap umpan.

Setelah semua bahan tersebut masuk ke mangkok, termasuk keju, aduk kembali adonan tersebut hingga merata. Setelah adonan tersebut telah merata, siapkan kantong plastik dan masukkan adonan yang kita racik di plastik. Supaya dapat menghindari bocor atau gagal saat memasak, gunakan dua plastik sekaligus. Kemudian, masukan daun pandan ke dalam adonan.

Tapi sebelum dimasukkan, remas-remas terlebih dahulu daun pandan tersebut. Daun pandan ini berfungsi untuk membuat adonan umpan pancing menjadi wangi. Kemudian, kita tali ujung plastiknya hingga rapat dan tak keluar adonannya dari plastik. Setelah itu, adonan siap untuk dimasak. Bagaimana cara memasak umpan pancing ini? Akan dijelaskan di paragraf berikutnya.

Memasak Umpan Pancing


Setelah plastik berisi adonan umpan tadi siap, maka kita akan melanjutkan dengan memasak umpan tersebut. Langkah pertama, siapkan panci dan isi dengan air secukupnya. Masukkan adonan yang terbungkus plastik tadi bersama air di dalam panci. Kemudian, rebus umpan pancing tadi hingga matang dan airnya mendidih. Biasanya, waktu yang diperlukan untuk membuat umpan matang ini sekitar 10 hingga 15 menit.

Setelah matang, angkat plastik yang berisi adonan umpan pancing dan siapkan mangkok atau wadah untuk mengaduk umpan. Setelah umpan agak dingin, adonan akan menjadi kenyal. Hancurkan adonan tersebut hingga menjadi rata dan lembut. Setelah itu, tambahkan kinoy atau pengeras agar membuat adonan umpan pancing yang kita buat semakin kenyal. Setelah itu, langkah terakhir adalah membuat bulatan-bulatan kecil dengan ukuran sesuai dengan keinginan.

Demikianlah ulasan tentang umpan pancing ikan mas, artikel yang sebelumnya telah di bahas pada blog  fokusmancing.blogspot dan kini saya menyadurnya dalam blog saya, semoga tambah berkah karena menyebarkan pengetahuannya.


loading...

Ikuti Update Kami