Makanan Burung Merpati atau Dara - Burung merpati atau dara ini memiliki suara dengan ciri khas tersendiri. burung ini banyak di pelihara di samping rumah dan di liarkan. karena burung ini tidak akan pergi kemana mana, karena sifatnya dia menganggap sangkarnya itu sebagi rumahnya. dan pastinganya dia akan kembali ke sangkarnya. dan makanan burung ini tidak begitu sulit karena mudah sekali untuk di cari di sekitar pekarangan. beberapa model sangkar burung dara yang bisa anda buat sendiri di rumah :



untuk sangkar burung dara yang lainya bisa di cari di google image. dari gambar di atas mudah mudahan bisa memberikan inspirasi anda untuk membuat sangkarnya. nah selanjutnya saya akan berbagai beberapa vitamin dan makanan burung dara yang bisa anda berikan agar burung dara cepat tumbuh besar dan sehat. makanannya dan beberapa vitaminnya antara lain : 

Jagung yang diberikan tidak sembarang. Ia bukan jagung pipilan biasa, tetapi jagung madura. Sepintas jagung ini mirip dengan jagung biasa tetapi ukurannya lebih kecil sesuai dengan ukuran mulut merpati. Setidaknya merpati dewasa perlu pakan 37 gram per ekor, remaja 25 gram dan anakan 5-10 gram per ekor. Para penangkar juga sering menggunakan bahan tradisional untuk menjaga vitalitas merpati balap. Contoh, kunyit sebagai antibiotik, penghilang lelah dan menambah nafsu makan. Rimpang kunyit biasanya dipotong kecil kemudian disangrai (sangan) dan dilolohkan. Tetapi agar khasiatnya lebih bagus, campurkan dengan telur dan madu. Bisanya burung dara jantan lebih di perhatikan daripada burung dara betina. sebenarnya keduanya butuh makanan dan vitamin yang sama agar sama sama sehat.


Pakan Untuk Burung Dara Anakan

Bagai para penghobi burung yang suka beternak burung merpati atau dara ini ada beberapa jenis pakan merpati pada umumnya di Indonesia yang bisa di jadikan makanan untuk merpati yang masih anakan antara lain :
- Jagung
- Kacang hijau
- Beras merah
  • Pakan yang paling umum diberikan adalah jagung, selain mudah didapatkan dipasaran juga murah harganya. Pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali sehari atau 1 kali sehari. Dua-duanya sudah saya coba dan tidak bermasalah. Pilihan tergantung pada ketersediaan waktu anda untuk memberikan pakan pada merpati anda. waktu yang tepat jika pemberian pakan 2 kali sehari yaitu jam 7 dan jam 4 sore. Waktu fleksibel tergantung waktu anda, yang penting memberikan pakan pada saat terang. jika waktu anda hanya cukup memberikan pakan 1 kali dalam sehari, anda cukup memberikannya pada sore hari. Hal-hal yang perlu anda perhatikan saat pemberian pakan:
  • Pakan yang diberikan hanya 1 jenis saja pada satu waktu, kalau 2 atau 3 jenis biasanya merpati akan mengacak-acak makanan, sesuai dengan yang dia mau.
  • Air minum sebaiknya selalu tersedia setiap saat.
  • Buat tempat pakan yang cukup lebar agar merpati tidak berebut. kecuali jika merpati terpisah pada lain-lain kandang.
  • Jangan pernah menempatkan pakan setiap saat, sediakan pakan sesuai waktu yang anda tetapkan saja.
  • Variasi jenis pakan sangat membantu dalam menjaga selera makan merpati.
  • Pisahkan burung yang selalu membuat keributan saat makan
  • Perhatikan burung yang tidak kebagian makan agar diberi kesempatan untuk makan cukup.
  • Perhatikan setelah makan, burung harus minum.
  • Berikan serbuk grit atau kulit telur yang telah kering dan dihancurkan minimal sebesar diameter  jagung terkecil secara berkala seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

semoga bermanfaat dan selamat mencoba... ('_')



loading...

Ikuti Update Kami