Manfaat Makan Sahur dan Keberkahan Sahur - Sahur adalah sebuah rutinitas yang bisa kita jalankan kita kita berpuasa, sahur sebenarnya adalah makan dan minum namun ini mengandung kesunahan dan manfaat banyak sekali. namun untuk melaksanakan sahur adalah sesuatu yang sangat berat sekali karena waktunya di fajar. waktu waktu yang enak untuk tidur, dan kebiasaanya orang masih terlelap tidur. Padahal kalau kita melaksanakan makan sahur sesuai tuntunan Rasulullah maka ada banyak keberkahan yang bisa kita peroleh. yang kami kutip dari Buku Happy Ramadhan
1. Dengan bersahur berarti menjalankan sunnah Rasulullah SAW
2. Sahur menambah kekuatan beribadah
3. Sahur menambah keikhlasan beribadah
4. Sahur membantu menghilangkan kemarahan dan tabiat buruk yang biasa muncul karena lapar
5. Saat sahur adalah saat ketika doa-doa kita dikabulkan
6. Pada waktu sahur, seseorang berkesempatan untuk mengingat Allah SWT, berdzikir, dan mengangkat tangannya ke hadirat Allah SWT untuk berdoa


Manfaat Makan Sahur dan Keberkahan Sahur

Diantara keberkahan lain yang kami kutip dari voa islam makna keberkahan dalam makan sahur antara lain :

  1. Di antara keberkahan makan sahur adalah  bertakwa kepada Allah dalam melaksanakan ibadah dan beristi’anah (mohon pertolongan) kepada Allah Ta’ala pada siang hari untuk menjalankan shalat, membaca Al-Qur'an, berzikir, dan selainnya. Karena orang lapar –biasanya- malas menjalankan ibadah. Bawaannya berbaring dan tiduran. Maka orang yang makan sahur dia menjalankan sebab supaya memiliki tenaga di siang hari untuk menjalankan tugas duniawi dan ukhrawi.
  2. Menghilangkan akhlak tercela yang diakibatkan dari lapar. Orang lapar lebih mudah tersulut emosi, sensitive, dan mudah marah. Maka orang yang makan sahur akan memiliki jiwa yang lebih tenang sehingga mampu bermu’amalah dengan baik kepada orang lain.
  3. Melalui sahur akan berarti telah bersiap untuk menjalankan puasa sehingga ia lebih semangat dan tenang menjalankan puasa. Dan pastinya orang yang menyantap makan sahur akan lebih ringan (tidak terlalu payah) dalam menjalankan puasa.
  4. Makan sahur berarti mengikuti sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Jika orang yang sahur meniatkan dalam sahurnya tersebut untuk menjalankan perintah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan mengikuti cara beliau berpuasa maka makan sahurnya menjadi ibadah. Ia mendapatkan pahala atas niat dan makannya tersebut. Jika orang yang sahur -dalam makan dan minumnya- meniatkan untuk menjaga fitalitas tubuh dan memiliki kekuatan dalam menjalankan shiyam, shalat, tilawah, dan aktifitas positif lainnya maka ia akan mendapat pahala dalam makan sahurnya.
  5. Orang yang makan sahur maka ia akan bangun di penghujung malam dan bisa memanfaatkannya untuk zikir, doa, shalat dan ibadah lainnya. Di mana saat tersebut adalah waktu mustajab. Ini salah satu rahasia keberkahan yang sangat istimewa dalam makan sahur.
  6. Makan sahur berarti menyalahi kebiasaan Ahlul Kitab. Seorang muslim tertuntut untuk bersikap demikian, yakni menjauhi tradisi dan kebiasaan mereka. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, “Perbedaan puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” (HR. Al-Nasa’i)
  7. Keberkahan dalam makan sahur lainnya adalah akan bisa shalat Shubuh berjama’ah di waktu yang paling utama. Karenanya, kita saksikan jumlah jamaah shalat Shubuh di bulan Ramadhan lebih banyak daripada di bulan-bulan selainnya. Hal itu tidak lepas dari aktifitas makan sahur mereka.
  8. Hidangan Makan Sahur Tidak ada jenis makanan dan minuman khusus untuk makan sahur. Pokoknya makanan dan minuman halal yang baik dan bermanfaat untuk tubuh sah menjadi hidangan makan sahur. Cuma di sana ada beberapa hadits yang menunjukkan keutamaan kurma sebagai hidangan sahur.
Demikianlah ulasan tentang manfaat makan sahur dan keberkahan sahur semoga bermanfaat untuk yang menjalankan ibadah puasa, baca juga tentang manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh

loading...

Ikuti Update Kami