Ciri-ciri dan Gejala Lemah Jantung - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit terganas yang banyak memakan korban di dunia. Banyak orang yang bilang penyakit jantung dan kanker adalah penyakitnya orang kaya, mungkin pada kenyataannya memang ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya benar, hal ini terjadi mungkin karena pola hidup orang menengah keatas yang suka makan makanan yang berlemak, mengandung banyak kolesterol sehingga menyebabkan penyakit kanker dan jantung. Tapi bahasan artikel ini hanya sebatas jantung ya sobat, lebih tepatnya lemah jantung, tidak pandang kaya atau miskin hendaknya kita mengantisipasi semua kemungkinan terhadap kesehatan yang dapat terjadi kapanpun, dimanapun dan kepada siapapun. Baik, seseorang dikatakan menderita penyakit lemah jantung apabila kemampuan jantung tak berfungsi sebagaimana normalnya. Jantung memiliki otot khusus, kemampuan otot ini sangat tergantung dari tekanan darah yang ada di tubuh kita. Jika tekanan darah kita tinggi, maka kerja otot akan semakin besar. Sama seperti otot tubuh kita lainnya, kalau kita berlatih otot, maka otot akan membesar. Kalau otot tangan kita semakin besar, maka kemampuanya akan bertambah. Tapi sebaliknya bila otot jantung semakin besar, kemampuannya untuk memompa akan lebih menurun. Untuk itu hindari tekanan darah tinggi, karena lama kelamaan dapat membuat jantung kita lemah (ini merupakan salah satu dari banyak akibat jika tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi).

Penyebab Lemah Jantung

Jantung merupakan organ berupa otot, berbentuk kerucut, berongga dan dengan basisnya di atas dan puncaknya di bawah. Supaya jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus berkontraksi secara bergantian. Laju denyut-denyut jantung atau kerja pompa ini dikendalikan secara alami oleh suatu pengatur irama.
Lemah jantung adalah keadaan bila jantung tidak bisa memompa jumlah darah yang cukup ke anggota badan. Penyebab penyakit jantung lemah ini antara lain; fungsi jantung rusak, darah tinggi, anemia, kelemahan pengisian jantung, gangguan denyut jantung.

Gejala Lemah Jantung

  • Sesak napas
  • Batuk kronis
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur/terkadang sering terasa berdebar-debar
  • Nafsu makan berkurang
  • Gangguan berpikir
  • Penumpukan cairan dan pembengkakan(Kondisi ini paling sering terjadi pada pergelangan tangan dan kaki.) Penumpukan cairan dan pembengkakan dikarenakan aliran darah ke ginjal terganggu.
  • Mudah lelah
  • Tidak kuat jalan jauh
  • Pusing
Semua penyakit baik yang ganas ataupun tidak,  hendaknya cepat berikan penanganan yang intensif untuk keluarga Anda sebelum menyesal dikemudian hari, tetaplah jaga kebersihan lingkungan, kesehatan dan kebersihan tubuh dan jagalah pola hidup sehat tentunya ;)

loading...

Ikuti Update Kami