Ciri Penyebab dan Gejala Sakit Mata - Sakit mata mungkin bukan penyakit yang membahayakan, tapi penyakit ini juga akan fatal jika berkelanjutan, penderitanya juga akan merasa dibatasi karena pandangannya buram, selalu berarir, dan mata terasa ngeres. Mata adalah jendela dunia, jika berkurang penglihatannya maka dunia akan terasa gelap, beda lagi dengan gelapnya orang yang buta yha , karena mereka-mereka yang buta mempunyai mata batin atau kontak batin yang sangat kuat, orang-orang buta menganggapnya hatilah yang menjadi mata mereka. Kembali ke sakit mata yha :) Pada dasarnya sakit mata ini bervariasi jenisnya, yaitu akit dipermukaan mata (ocular), sakit didalam orbit mata (orbital). Berikut penjelasan tentang sakit mata.

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata

  1. Mata Merah dan Bernanah
    Mata merah biasanya disebabkan karena adanya kotoran pada mata dan sebenarnya ini merupakan persoalan serius terutama pada bayi dan anak-anak. Bila tidak diobati dengan serius bisa menyebabkan kebutaan.
    Cara pencegahannya: Bersihkan muka dengan sabun dan air bersih minimal 3x sehari, oleskan salep mata tetrasiklin ke dalam mata 3x sehari selama 5 hari, jagalah tangan tetap dalam keadaan bersih dengan cara mencucinya dengan air sabun selama beberapa kali sehari.
  2. Mata Meneteskab Air Mata Terus MenerusBila mata meneteskan air mata terus menerus bisa jadi disebabkan karena ada luka di bola mata
    Cara pencegahannya: Tempelkan kain bersih dan segera bawa ke puskesma/rumah sakit terdekat. Jangan pernah mengoleskan salep/sesuatu ke dalam mata.
  3. Trakoma
    Trakoma merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri. Ciri-ciri trakoma antara lain: mata berair, peka terhadap cahaya, serta mata nyeri dan bengkak.
    Cara pencegahannya: Trakoma dapat diobati dengan antibiotik. Hubungi dokter/tenaga kesehatan untuk mendapatkan resep serta takaran penggunaan antibiotik
  4. Glaukoma
    Penyebab dari glaukoma adalah bertambahnya tekanan pada cairan bola mata karena jumlah cairan yang masuk lebih besar daripada cairan yang keluar dari bola mata
    Cara pencegahannya: Tidak melakukan aktivitas yang membuat kerja mata menjadi berat. Satu-satunya cara untuk mengobati Glaukma adalah dengan cara operasi untuk mengurangi tekanan cairan.
  5. Sakit dipermukaan mata
    Rasa sakit di permukaan mata adalah kondisi dimana rasa sakit berasal dari luar struktur permukaan mata, beberapa penyebabnya adalah : Konjungtivitis adalah salah satu masalah mata yang paling umum. Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh alergi, bakteri, kimia, atau peradangan virus dari konjungtiva (membran yang lembut melapisi kelopak mata dan menutupi bola mata).
    Ciri-ciri sakit mata yang disebabkan oleh konjungtivitis ini adalah mata berubah warna menjadi merah muda. rasa sakit biasanya ringan, atau tidak ada rasa sakit sama sekali. gatal, kemerahan.
  6. Sakit didalam orbit mata (orbital)
    Sakit Orbital digambarkan sebagai sakit yang terdapat dibagian dalam mata atau di belakang permukaan mata. Berikut ini beberapa penyebab sakit mata yang berasal dari orbital : glaukoma, iritis adalah peradangan pada iris, atau bagian berwarna dari mata, yang menyebabkan rasa sakit mata dalam. Neuritis Optik adalah suatu peradangan pada saraf optik. Saraf optik terhubung ke bagian belakang mata. Penyebab peradangan ini biasanya berasal dari multiple sclerosis, infeksi virus, atau infeksi bakteri. Sinusitis, yang merupakan infeksi bakteri atau virus dari sinus, dapat menyebabkan rasa nyeri orbital atau lekuk mata. Migran, Trauma peristiwa, seperti cedera penetrasi ke mata, pukulan mata dengan benda asing, dan tabrakan kendaraan bermotor, yang menyebabkan rasa sakit mata signifikan dan cedera.

Gejala Sakit Mata

  1. Mata-Mata Berair
    Airmata membantu melumasi mata-mata dan mengeluarkan benda-benda asing dan partikel-partikel. Bagaimanapun, pada beberapa kasus-kasus mata-mata memproduksi jumlah airmata yang berlebihan atau mengalirkan dengan tidak sesuai. Mata-mata dapat berair untuk beberapa sebab-sebab, termasuk kehadiran dari alergi-alergi. Sumber-sumber lain dari mata-mata yang berair termasuk saluran-saluran airmata yang tersumbat atau iritasi yang disebabkan oleh bermacam-macam faktor-faktor (seperti kekeringan, benda-benda asing).
  2. Gatal-Gatal dan Rasa Terbakar
    Histamine dan kimia-kimia lainnya yang dilepaskan sewaktu suatu reaksi alergi, menghasilkan gejala-gejala ini. Infeksi-infeksi virus dan bakteri juga dapat menyebabkan gejala-gejala ini, seperti juga paparan pada bahan-bahan pengotor (pollutants) seperti asap rokok atau bahan-bahan pengotor industri.
  3. Kemerah-merahan
    Suatu mata yang sehat seharusnya mempunyai pembuluh-pembuluh darah merah yang terlihat (visible). Bagaimanapun, kemerah-merahan yang kronis dan berlebihan adalah suatu tanda bahwa mata-mata teriritasi, kemungkinan oleh suatu alergi. Faktor-faktor lain, seperti batuk yang berlebihan, juga dapat menyebabkan gejala ini.
  4. Lingkaran-Lingkaran Hitam Sekeliling Mata-Mata
    Kadangkala dikenal sebagai mata biru alergi (allergic shiners), mereka adalah akibat dari menggosok dan menggaruk yang terus menerus dari kulit, yang menyebabkan suatu efek penggelapan.
  5. Kepekaan Cahaya (photophobia)
    Ini adalah suatu ketidakmampuan seseorang untuk mentoleransi cahaya, terutama cahaya terang. Ini dapat dihubungkan pada alergi-alergi atau suatu kondisi yang lebih serius, seperti uveitis, mata kering atau katarak.
  6. Pembengkakkan Kelopak Mata

loading...

Ikuti Update Kami