Ciri Penyebab Dan Gejala Penyakit Hepatitis - Penyakit Hepatitis ini adalah penyakit yang bersifat menular, gejala awal mungkin tidak terlalu terlihat, tapi lama kelamaan kondisi kesehatan badan anda akan menurun, nafsu makan mengurang, air seni menjadi berwarna kuning, badan lemas, pusing dan sangat tidak tenang sekali hawanya, saya sendiri pernah mengalami penyakit hepatitis, lamaaaaa sekali sakitnya gan, sampai beminggu-minggu, hampir sebulan bahkan. Makan apapun rasanya tidak enak, dibawa tidur tidak enak, dibawa santai tapi tetap gelisah, pokonya jangan sampai deh Anda semua terkena penyakit ini, jika penyakit ini berkelanjutan maka akan fatal akibatnya bagi kesehatan Anda.
Penyebab yang paling utama penyakit hepatitis adalah virus hepatitis b, penyebab lainnya diantaranya adalah autoimmunise hepatitis, yaitu radang hati yang disebabkan imun tubuh menyerang hati, sistem imun tubuh biasanya berfungsi untuk menyerang bakteri, virus dll. justru berbalik menyerang diri sendiri (organ hati). Penyakit ini bisa menyebabkan berlangsungnya masalah pada hati yaitu berbentuk peradangan hati akut atau menahun yang pada beberapa kecil masalah bisa berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati.

Gejala Hepatitis B

  1. Kurang nafsu makan
    Muncul rasa tidak enak makan atau nafsu makan yang berkurang dan menurun, terganggunya gangguan pencernaan, selalu timbul rasa mual ingin muntah setiap kali perut terisi oleh makanan,
  2. Mengalami demam seperti yang sering terjadi pada penderita penyakit flu
    Bedanya demam yang dialami oleh penderita hepatitis B ini tidak terjadi dan hanya sebagai kamuflase dari terjangkitnya virus hepatitis B.
  3. Mengalami rasa nyeri yang dirasakan bersama dari rasa demam yakni rasa nyeri pada persendian. 
  4. Terjadi pembengkakan pada bagian perut sebelah kanan atas
    Sehingga terkadang membuat penderita sulit bernapas dan kemudian dapat mengganggu fungsi kerja hati. Biasanya terjadi ketika perut dalam keadaan kenyang karena mengkonsumsi jenis makanan pedas kemudian perut yang membumbung seperti wanita yang sedang hamil, kulit perut tebal dan rasa nyeri pada organ hati.
  5. Terjadi perubahan pada warna air kemih
    Pada sebagian orang ada yang mengalami perubahan pada warna air kemih menjadi kemerahan. Jika tanda tersebut benar dialami sudah dipastikan positif mengidap hepatitis B.

    Hepatitis B termasuk dalam jenis hepatitis yang cukup berbahaya dan mudah menular dibanding jenis hepatitis lainnya. Penularan hepatitis B dapat melalui kontak darah atau cairan tubuh yang mengandung virus hepatitis B (VHB). Seseorang yang terserang hepatitis B biasanya tidak mengalami gejala klinis ataupun kelainan dan gangguan kesehatan lainnya. Orang yang tidak mengalami gejala hepatitis B yang tidak diketahui disebut juga dengan pembawa VHB. Seseorang yang tidak mengetahui atau tanpa mengetahui gejala hepatitis B ini biasanya mempunyai sistem imunitas tubuh yang cukup baik atau karena virus hepatitis B yang tidak aktif.

Penyebab Penyakit Hepatitis B

Infeksi hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B yang menular secara langsung melalui darah, air mani atau cairan tubuh lain. Ketika virus hepatitis B masuk kedalam hati, virus ini akan menyerang sel hati dan melipat gandakan dirinya. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan pada hati dan memicu tanda dan gejala infeksi hepatitis B. Berikut fase pertumbuhan penyakit hepatitis B :
  1. Masa tunasVirus A : 15-45 hari (rata-rata 25 hari)
    Virus B : 40-180 hari (rata-rata 75 hari)
    Virus non A dan non B : 15-150 hari (rata-rata 50 hari)
  2. Fase Pre IkterikKeluhan umumnya tidak khas. Keluhan yang disebabkan infeksi virus berlangsung sekitar 2-7 hari. Nafsu makan menurun (pertama kali timbul), nausea, vomitus, perut kanan atas (ulu hati) dirasakan sakit. Seluruh badan pegal-pegal terutama di pinggang, bahu dan malaise, lekas capek terutama sore hari, suhu badan meningkat sekitar 39oC berlangsung selama 2-5 hari, pusing, nyeri persendian. Keluhan gatal-gatal mencolok pada hepatitis virus B.
  3. Fase Ikterik
    Urine berwarna seperti teh pekat, tinja berwarna pucat, penurunan suhu badan disertai dengan bradikardi. Ikterus pada kulit dan sklera yang terus meningkat pada minggu I, kemudian menetap dan baru berkurang setelah 10-14 hari. Kadang-kadang disertai gatal-gatal pasa seluruh badan, rasa lesu dan lekas capai dirasakan selama 1-2 minggu.
  4. Fase penyembuhanDimulai saat menghilangnya tanda-tanda ikterus, rasa mual, rasa sakit di ulu hati, disusul bertambahnya nafsu makan, rata-rata 14-15 hari setelah timbulnya masa ikterik. Warna urine tampak normal, penderita mulai merasa segar kembali, namun lemas dan lekas capai.

loading...

Ikuti Update Kami