Ciri-ciri Penyebab Gejala Amandel dan Cara Mengatasinya - Amandel mungkin tidak menyebabkan kematian, tetapi jika penyakit ini dibiarkan maka akan berakibat fatal bagi si penderitanya. Amandel merupakan  kelenjar getah bening yang berada pada sisi kanan dan sisi kiri bagian belakang rongga mulut yang berfungsi sebagai filter atau penyaring kuman atau bakteri yang masuk melalui hidung dan mulut dengan sel-sel darah putih.
Penyakit amandel atau radang amandel adalah keadaan infeksi yang terjadi pada bagian amandel yang terkadang bisa mengakibatkan demam dan tenggorokan sakit, biasanya orang yang mengidap penyakit amandel akan mengalami nyeri pada saat menelan atau disebut sebagai odinofagi, kemudian demam. Sedangkan bagi yang sudah mengidap penyakit amandel selama menahun, tidak merasa nyeri pada saat menelan melainkan kesulitan menelan apalagi jika ukuran amandelnya cukup besar. Penyakit amandel disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut, amandel berperan sebagai filter, menyelimuti organisme yang berbahaya tersebut dengan sel-sel darah putih. Hal ini akan menyebabkan infeksi ringan pada amandel anda, yang akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi terhadap infeksi dimasa yang akan datang. Akan tetapi, kadang-kadang amandel sudah kewalahan menahan infeksi bakteri atau virus. Inilah yang menyebabkan terjadinya tonsilitis.

Gejala Penyakit Amandel

  • Sakit pada tenggorokan.
  • Sakit kepala.
  • Merasa kesulitan saat menelan.
  • Merasa sakit pada saat menelan.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan rahang.
  • Kehilangan suara.
  • Kesulitan untuk bernafas.
  • Mengalami batuk yang meradang.

Penyebab Penyakit Amandel

Segala penyakit dapat kita cegah dengan cara pola hidup sehat dan menjaga kebersihan, salah satu penyakit yang umum dialami masyarakat yaitu amandel, amandel dapat kita atasi apabila kita tau apa sih penyebab penyakit amandel, setelah tau pasti kita akan menjaga pola hidup yang benar, berikut penyebab radang amandel :
  • Faktor makanan. Makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, perasa, pemanis buatan dan pewarna kimia menjadi salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan peradangan.
  • Kurangnya konsumsi vitamin C. Perlu diketahui, dalam 1 hari minimal tubuh membutuhkan vitamin C sebanyak 500 miligram, dan diseimbangkan dengan komponen gizi lainnya.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dengan selera pedas.
  • Kurangnya konsumsi air putih. Tubuh membutuhkan cairan setara dengan minimal 8-10 gelas air putih/hari, atau sama dengan 1,5-2 liter per hari.
  • Kurang sadar dengan kebersihan ketika sebelum dan menyentuh makanan, misalnya mencuci tangan.

Cara Mengobati Penyakit Radang Amandel

  1. Cara pertama :Ambil 1 genggam daun waru segar dan 2 gelas air. Cuci bersih daun waru segar, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 1/2 gelas, lalu biarkan dingin kemudian disaring, gunakan untuk  berkumur dan langsung diminum, sebaiknya dilakukan 3X sehari dan lakukan sampai sembuh.
  2. Cara kedua :Ambil 5 sendok makan jus wortel, 4 sendok makan jus mengkudu, 3 sendok makan air perasan jeruk nipis, 3 sendok makan madu murni, kemudian masukkan semua bahan dalam satu wadah, aduk hingga rata, gunakan ramuan tersebut untuk berkumur ditenggorokan selama beberapa saat lalu ditelan, sebaiknya lakukan 3x sehari masing-masing 5 sendok.

loading...

Ikuti Update Kami