Ciri-ciri Penyebab Cacar Air dan Cara Mengobatinya - Cacar air konon katanya adalah penyakit yang pasti dialami oleh seseorang minimal 1 kali dalam seumur hidup, namun benar atau tidaknya pernyataan itu saya juga masih belum tahu kebenarannya. Penyakit cacar adalah penyakit yang menular, penderita cacar air biasanya adalah anak-anak, lebih kurang 90% penderita cacar air berusia kurang dari 15 tahun. Awalnya orang yang terkenan cacar tidak mengalami ataupun merasakan apa-apa, namun setelah inkubasi tiba-tiba penderita akan mengalami tanda-tanda umum penyakit cacar seperti flu, demam, merasa tidak nyaman, sakit kepala, lelah, sakit punggung, mual, muntah, dan terkadang diare.
Penyebab penyakit cacar adalah virus Vericella atau disebut juga virus Vericella Zostar (virus v-2), virus ini biasanya terdapat dalam cairan vesikel, darah penderita, dan cairan selaput lendir.

Tahap dan Gejala Penyakit Cacar

  • Merah benjolan (papula), yang istirahat di tempat yang berbeda selama beberapa hari
  • Cairan-diisi lepuh (vesikel), membentuk dari tonjolan mengangkat lebih dari sekitar satu hari sebelum pecah dan bocor.
  • Kerak dan scabs, yang meliputi lepuh pecah dan memakan waktu beberapa hari lagi untuk menyembuhkan benjolan baru terus muncul selama beberapa hari. Akibatnya, penderita mungkin memiliki semua tiga tahap ruam diatas pada saat yang sama. Setelah terinfeksi penderita dapat menyebarkan virus sampai 48 jam sebelum ruam muncul.

Resiko Cacar Air

Pada anak-anak yang terkena cacar air biasanya tidak mengalami kesulitan yang berarti untuk bisa cepat sembuh, namun pada orang dewasa dan juga orang yang mengalami gangguan kekebalan tubuh dari penyakit, maka penyakit cacar air bisa berakibat buruk dan bahkan fatal. Komplikasi penyakit yang dapat terjadi akibat cacar air adalah seperti :
  • Pnemounia yang diakibatkan virus lain.
  • Ensefalitis atau infeksi pada otak.
  • Peradangan pada jantung.
  • Peradangan pada sendi.
  • Peradangan pada hati.
Sakit cacar air bisa memunculkan infeksi bakteri stafilokokus jika terjadi infeksi luka akibat garukan pada kulit yang gatal. Sakit cacar air juga bisa saja menyebabkan pembengkaan kelenjar getah bening pada leher bagian samping. Luka terbuka atau disebut ulkus yang terjadi akibat papula yang pecah biasa terjadi di bagian mulut, saluran pernapasan bagian atas, vagina, rectum dan kelopak mata. Jika terdapat papula di pita suara dan saluran pernapasan atas akan mengakibatkan gangguan pernapasan.

Cara Mengobati Cacar Secara Tradisional

  • Bangle, dinglo, bawang merah, daun sirih, jinten hitam, pinang muda dan air secukupnya. Campur semua bahan tersebut kemudian tumbuk halus, setelah halus kemudian saring dan minumkankan cairan tersebut pada orang yang terkena cacar.
  • jika cacar air membengkak maka setiap pagi dan sore hari si penderita harus disemprot dengan kunyahan bawang merah dan kunci.


loading...

Ikuti Update Kami