Cara Meredam Emosi - Siapa saja pasti pernah mengalami marah/emosi, bahkan ada juga orang-orang yang mudah sekali terpancing amarahnya meskipun pemicunya adalah hal yang sepele. Terlalu emosi juga tidak baik untuk diri kita, terlalu banyak tertawa pun juga tidak baik, segala sesuatu tidak akan baik jika dilakukan secara berlebihan, lho lho kok saya jadi ceramah , hehe :D
Pada intinya, kita boleh marah tetapi tetap harus bisa mengontrol amarah kita, segera tenangkan pikiran Anda jika amarah sudah mulai merasuki pikiran Anda, semakin Anda mengingat hal yang membuat Anda marah, maka akan semakin tinggi pula amarah kita, tetap lakukan saja semua perkara dengan kepala dingin agar hasilnya pun berbuah maksimal. Jika Anda tipe orang pemarah dan susah untuk meredamnya , sebaiknya bacar dan praktekanlah materi dalam artikel ini :)
  1. Berpikir Rasional Sebelum Bertindak
    Sebelum marah kepada orang lain cobalah anda memikirkan dulu apakah dengan masalah tersebut anda layak marah pada suatu tingkat kemarahan. Terkadang ada orang yang karena diliatin sama orang lain jadi marah dan langsung menegur dengan kasar mengajak ribut / berantem. Masalah sepele jangan dibesar-besarkan dan masalah yang besar jangan disepelekan.
  2. Mencari Kesibukan Yang Disukai
    Untuk melupakan kejadian atau sesuatu yang membuat emosi kemarahan kita memuncak kita butuh sesuatu yang mengalihkan amarah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan dapat membuat kita lupa akan masalah yang dihadapi. Contoh seperti mendengarkan musik, main ps2 winning eleven, bermain gitar atau alat musik lainnya, membaca buku, chating, chayang-chayangan dengan kekasih pujaan hati, menulis artikel, nonton film box office, dan lain sebagainya. Hindari perbuatan bodoh seperti merokok, make narkoba, dan lain sebagainya.
  3. Mencari Penyebab Dan Mencari SolusiKetika pikiran anda mulai tenang, cobalah untuk mencari sumber permasalahan dan bagaimana untuk menyelesaikannya dengan cara terbaik. Untuk memudahkan gunakan secarik kertas kosong dan sebatang pulpen untuk menulis daftar masalah yang anda hadapi dan apa saja kira-kira jalan keluar atau solusi masalah tersebut. Pilih jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Mungkin itu semua akan secara signifikan mengurangi beban pikiran anda.
  4. Tenangkan Hati Di Tempat Yang Nyaman
    Jika sedang marah alihkan perhatian anda pada sesuatu yang anda sukai dan lupakan segala yang terjadi. Tempat yang sunyi dan asri seperti taman, pantai, kebun, ruang santai, dan lain sebagainya mungkin tempat yang cocok bagi anda. Jika emosi agak memuncak mingkin rekreasi untuk penyegaran diri sangat dibutuhkan.
  5. Curahan Hati / Curhat Pada Orang Lain Yang Bisa Dipercaya
    Menceritakan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita mungkin dapat sedikit banyak membantu mengurangi beban yang ada di hati. Jangan curhat pada orang yang tidak kita percayai untuk mencegah curhatan pribadi kita disebar kepada orang lain yang tidak kita inginkan. Bercurhatlah pada sahabat, pacar / kekasih, isteri, orang tua, saudara, kakek nenek, paman bibi, dan lain sebagainya.
  6. Kendalikan Emosi dan Jangan Diperbudak Amarah
    Orang yang mudah marah membuat orang di sekitar Anda menjadi tidak nyaman untuk berinteraksi. Sehingga menganggu kehidupan sosial Anda. Cobalah secara bertahap Anda mengurangi emosi Anda dan mengendalikan marah Anda. Dalam setiap tahap pengendalian cobalah Anda evaluasi sejauh mana Anda mampu mengendalikan emosi. Hal tersebut akan mampu untuk mengendalikan amarah.
  7. Memaafkan
    Memaafkan dengan dada yang lapang. InsyaAllah yang lain akan datang kemudian. Kelapangan hati, ketenangan jiwa, kesegaran roh, akan hadir kepada kita insha Allah. Pasti.
    “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah- lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Kerana itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka…” Surah Ali- Imran ayat 159..

loading...

Ikuti Update Kami