Cara Mengurangi Uban Pada Usia Muda - Uban atau rambut yang berwarna putih mungkin memang terdengar biasa bagi orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahunan, karena salah satu faktor seseorang beruban adalah faktor umur yang sudah tua, namun bagaimana jika pada usia muda tapi sudah keluar rambut uban? Pasti nggak pede kan? Faktor penyebab mengapa pada usia muda sudah keluar rambut uban diantaranya adalah usia yang telah mencapai 50-60 tahun maka tidak dapat dihindari jika uban akan perlahan-lahan muncul dan menghiasi kulit kepala anda. Keturunan juga menjadi faktor tumbuhnya uban, jika sudah turun temurun ayah atau ibu anda sudah memiliki uban di usia muda biasanya akan menurun pada anak-anaknya. Kemudian stress berlebihan, jika stress berlebihan dan terus menerus dilakukan maka produksi pigmen rambut akan berkurang sehingga muncullah rambut putih. Terakir yaitu merokok, bahan kimia yang terdapat pada rokok juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya uban.

Cara Menghilangkan Uban Dengan Cepat

  1. Minyak kelapa dan jeruk
    Caranya : Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut. Remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.
  2. Minyak kemiri
    Caranya : Usapkan minyak kemiri pada rambut. Pertama sangrai kemiri lalu tumbuk sampai mengeluarkan minyak. Lulurkan pada rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dicuci.
  3. Biji PepayaCaranya dengan menyangrai terlebih dahulu biji pepaya lantas ditumbuk hingga halus kemudian imbuhkan minyak kelapa. Oleskan ke semua sisi rambut dan lakukan perawatan ini secara teratur  seminggu sekali.
  4. Yogurt pahitCaranya : Campurkan  satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yogurt tanpa gula. sesudah itu lumuri dengan halus ke kulit kepala serta rambut kemudian bersihkan dengan air hangat dan sampo sesudah satu jam. kerjakan rincian ini setiap minggu untuk memperoleh hasil yang baik maka tak hanya menyingkirkan uban, campuran ini dapat membuat rambut anda bercahaya dan terhindar dari ketombe. Selain itu lada hitam menjadikan rambut lebih hitam dan kopi menjaga warna rambut.
  5. Mengoleskan Jus Labu
    Campuran jus labu bersama minyak wijen atau minyak zaitun menolong rambut lebih sehat, bercahaya dan tidak tipis jugamenghindarkan rambut beruban. 
  6. Memakai daun teh
    Caranya : Saring teh lalu campurkan daun teh dengan satu sendoh teh garam. Taburkan ke atas kepala dan rambut rambut selama satu jam lantas bersihkan dengan air. Kerjakan setiap hari dalam 10 hari maka rambut anda akan terbebas dari uban.
  7. Daun RambutanCaranya : Ambil beberapa lembar daun rambutan, lalu tumbuk atau blender dengan ditambah sedikit air, saringlah ke dalam wadah, kemudian oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala disertai pijatan lembut, biarkan hingga 10-15 menit, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

Tips Agar Tidak Tumbuh Uban Pada Usia Muda

  1. Jangan Mewarnai Rambut
    Kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk pewarna rambut dapat merusak pigmen rambut. Jika ingin menggunakan pewarna rambut untuk menutupi uban dianjurkan agar memilih produk yang terbuat dari bahan alami.
  2. Hindari stress secara berlebihanStress berlebihan dapat mempercepat tumbuhnya uban. Dimanapun anda berada cobalah agar tetap tenang dengan belajar mengolah nafas(tarik napas 6 detik lalu keluarkan 6 detik) agar pikiran tenang serta selalu berfikir positif.
  3. Tidur yang CukupKulit kepala juga butuh untuk beristirahat agar sel-sel rambut dapat beregenerasi, jadi sekarang kurangi kebiasaan bergadang tiap malam karena dapat mempercepat tumbuhnya uban.
  4. Mineral yang Cukup bagi Rambut
    Mineral yang Essensial untuk rambut adalah zinc, zat besi dan cooper. Biasanya banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (seafood).
  5. Jangan sering mencabut uban
    Rambut tumbuh di bawah kulit kepala yang terdapat banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut akan terganggu.
    Pertumbuhan rambut dibedakan menjadi tiga fase. Pertama, fase pertumbuhan atau anagen yang membutuhkan waktu 2-6 tahun.
    Kedua, fase katagen selama 3-6 minggu. Ketiga, fase telogen yaitu masa ketika rambut telah tumbuh dan terus memanjang sehingga akhirnya rontok.
    Setelah melewati fase ketiga, rambut mulai kembali pada fase pertumbuhan dari tahap pertama. Begitu juga dengan uban, yang lama kelamaan akan rontok sehingga biarkan saja rambut berproses secara alami dan tidak dipaksakan untuk mencabut uban.

loading...

Ikuti Update Kami