Cara Mengobati Sakit Tenggorokan - Sakit tenggorokan/radang tenggorokan merupakan suatu kondisi ketika tenggorokan terinfeksi bakteri yang menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, suara serak, batuk, gatal dan terasa sakit saat menelan. Apabila seseorang terserang sakit tenggorokan biasanya akan sangat susah untuk menelan, walaupun sakit tenggorokan ini tidak membahayakan, tetapi hal ini akan membuat penderitanya semakin tidak fit, karena si penderita akan susah untuk menelan dan akhirnya porsi makan si penderita berkurang, otomatis asupan gizi yang masuk kedalam tubuh pun hanya sedikit. Sebaiknya Anda jangan meremehkan sakit ini, karena jika dibiarkan akan berakibat fatal, apalagi pengobatan sakit tenggorokan ini relatif mudah dan tidak perlu mahal-mahal berobat medis ke dokter. Artikel ini akan membantu Anda untuk memberikan tips menyembuhkan sakit tenggorokan, berikut penjelasannya.

  1. Jus lemon tanpa gula
    Caranya : Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).
  2. Jus belimbing
    Caranya : Ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.
  3. Daun kemangi
    Caranya : Silahkan Anda rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya, atau Anda cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.
  4. Berkumur dengan kunyit dan air garamCaranya : Campurkan ¼ sendok teh kunyit dan ½ sendok teh garam kedalam segelas air hangat. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi bahkan menyembuhkan sakit tenggorokan dalam jangka waktu yang relatif singkat.
  5. Wedang teh jaheCaranya : Tambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.
  6. Perbanyak minum air mineralDengan meminum air mineral maka akan menjaga kelenjar lendir tetap lembab. Banyak meminum air mineral juga akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membuang racun dan bibit penyakit dari dalam tubuh.
  7. Teh hangat
    Minumlah teh hangat untuk membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan, supaya khasiatnya lebih ajib, tambahkan madu atau jahe. Madu berfungsi juga sebagai pembunuh bakteri dan jahe sebagai penghangat tenggorokan.

loading...

Ikuti Update Kami