Cara Mengobati Mimisan Secara Alami - Mimisan biasanya terjadi pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa mengalami mimisan. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya mimisan diantaranya adalah suhu udara yang sangat ekstrim, baik cuaca yang panas maupun cuaca yang terlalu dingin, atau juga karena perubahan iklim/cuaca yang ekstrim. Penyebab lainnya yaitu karena terlalu sering mengorek-ngorek lubang hidung, hidung yang terbentur atau terjatuh dan sangat keras, masuknya benda-benda kecil yang membuat hidung terjadi pendarahan, terlalu kencang membuang ingus dan masih banyak lagi faktor. Mimisan jangan dianggap remeh atau hal yang sepele dan biasa, karena sering terjadinya mimisan itu adalah gejala dari penyakit lain yang membahayakan kesehatan jika hanya dibiarkan begitu saja. Sebaiknya obati mimisan dengan menggunakan bahan alami yang tidak banyak mengandung efek samping dan biayanya pun menjadi relatif lebih murah. Berikut cara mengobati mimisan dengan menggunakan bahan alami.

Cara Mengobati Mimisan

  1. Daun Sirih
    Caranya : Ambil 1 lembar daun sirih muda kemudian bersihkan menggunakan air, lalu gulung daun sirih sampai terbentuk seperti corong lalu sumbatkan kedalam hidung. Pastikan posisi kepala anda menghadap ke atas dan biarkan sampai beberapa saat.
  2. Duduk dengan mencondongkan badan ke depan
    Seseorang yang sedang mimisan, sebaiknya memintanya untuk duduk dengan posisi tubuh dicondongkan ke depan. Selain itu, pastikan juga mulut tetap terbuka agar darah tidak menutup jalan napas atau si penderita tetap bisa bernapas.
  3. Pencet hidung selama 15 menit
    Tekan pada bagian bawah tulang hidung selama 15 menit. Lalu, lepaskan secara perlahan.
  4. Mengompres
    Untuk mengompres, gunakan kain basah atau es yang dibungkus dengan kain. Tempelkan pada hidung dan wajah si penderita mimisan untuk mempersempit pembuluh darah.

loading...

Ikuti Update Kami