Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami - Orang yang terkena luka bakar biasanya melepuh dan bekasnya susah untuk dihilangkan, bahkan ada orang yang luka bakarnya berwarna putih permanen seperti panu tapi warnanya lebih putih. Luka bakar biasanya disebabkan karena terkena knalpot motor, jatuh dari motor atau kecelakaan lainnya, dan yang pasti karena terbakar. Bagi anda yang mempunyai luka bakar dan sulit untuk hilang padahal sudah membayar mahal untuk berobat, mendingan anda coba saja pengobatan secara herbal atau menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mengandung banyak bahan kimia dan efek samping. Belum tahu cara mengobati luka bakar secara herbal? Yauda langsung saja simak informasinya.

Cara Mengobati Luka Bakar Ringan

  1. Susu atau Yoghurt
    Gunakan susu cair murni atau yoghurt plain untuk mengompres kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama beberpaa menit, lalu bilas dengan air dingin. Susu atau yoghurt ini juga akan bersifat mengembalikan kulit cerah yang hitam karena terbakar sinar matahari.
  2. Mentimun dan Kentang
    Caranya : Ambil sepotong mentimun dan sepotong kentang dengan bagian perbandingan yang sama. Kupas dan cuci bersih. Haluskan dengan blender. Oleskan pada badan/luka bakar. Campuran mentimun dan kentang menyerap panas dalam kulit dengan baik. Kentang mengandung anti peradangan. Kadar air yang terkandung dalam mentimun akan membuat kulit anda dingin dan luka bakar membaik. Biarkan pada kulit yang trebakar sampe mongering, Lalu bilas dengan ir dingin. (Bisa dipakai salah satunya : mentimun atau kentang saja)
  3. Lemon
    Caranya : Peras sari lemon, campur dengan sedikit air. Oleskan pada kulit yang terbakar (sinar matahari). Ekstrak lemon bermanfaat sebagai vitamin C alami yang sangat cepat menyembuhkan kulit terbakar.
  4. Lidah buaya
    Caranya : Ambil sebatang Lidah buaya, ambil bagian dagingnya. Lidah buaya ini  dapat digunakan secara aman pada kulit yang terkena luka bakar. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Lidahbuaya mampu meredam panas dan sakit luka bakar, sehingga luka bakar cepat pulih dan membaik. Atau bisa anda haluskan (blender), lalu aplikasikan pada kulit luka bakar.
  5. Baking Soda
    Caranya : Campur 3-4 sdm baking soda dengan air. Rendam kapas dalam larutan baking soda. Kompres luka bakar anda dengan larutan baking soda. Diamkan 5-10 menit. Bilas dengan air dingin.
  6. Tomat dan stroberi
    Caranya : Ambil tomat dan stroberi dengan perbandingan yang sama. Cuci bersih dan blender. Oleskan krim alami ini pada kulit luka bakar. Sangat cocok untuk meredam sakit kemerahan pada kulit yang terpapar sengatan matahari. Kandungan air dan vitamin C alami campuran tomat stroberi mampu meredam luka bakar sengatan matahari, mencegah kulit meradang dan menutrisi dari luar. (Bisa dipakai salah satunya : tomat / stroberi saja)
  7. Oatmeal (Havermut)Caranya : Campur oatmeal dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta oatmeal pada luka bakarmatahari, ini akan berefek mendinginkan kulit. Tunggu hingga mongering, bilas dengan air dingin.
  8. Teh Celup
    Caranya : Rendam kantong teh celup dalam air dingin selama beberapa menit, dan kemudian kompreskan kantong the celup untuk luka bakar di area mata. Asam tannic dalam teh dapat membantu meringankan rasa sakit terbakar sinar matahari.

Tips Pengobatan Luka Bakar

  1. Kurangi Kotoran Luka Dengan Mencuci Di AirUntuk langkah pertama ini akan sedikit pedih untk luka, langkah ini dilakukan untk membersihkan atau mengurangi kotoran yg ada pda luka, misalnya tanah, debu, ataupun yg lainnya. Kalau dirasa sudah cukup, mari kita lanjutkan ke langkah kedua.
  2. Pemakaian RivanolRivanol adalah obat yg berfungsi untk menghambat pertumbuhan kuman pda luka dan untk membersihkan kotoran luka. Peran Rivanol dlam luka disini dpat dikatakan sbagai peran yg sangat penting krena agar luka tdak semakin parah kedepannya.
  3. Pemakaian Obat Penyembuh Luka
    Bermacam macam jenis obat dpat dipakai untk menyembuhkan suatu luka, salah satunya Betadine, dan Minyak Tawon. Saya disini menyarankan kalian untk memakai Minyak Tawon, selain untk mempercepat pengeringan luka, minyak tawon tdak membuat kita kaku dan tdak terlalu pedih dlam pemakaiannya.
  4. Hindari Luka Terkena Air
    Musuh dari luka adalah Air, air mengandung suatu zat yg membuat proses penyembuhan luka tdak efisien atau menghambat proses pengeringa pda luka. Jadi sebisa mungkin hindari luka terkena air. Air juga dpat menyebabkan luka semakin parah untk kedepannya.
  5. Mengkonsumsi Makanan Yang TepatMengkonsumsi makanan sangat penting sekali disini, jika salah makan bisa saja mempengaruhi luka yg diderita. Dari itu jagalah makanan kalian agar selalu berada pda makanan yg tepat.

     

loading...

Ikuti Update Kami