Cara Mengobati Cabean/Wedangen - Wajib bagi para wanita yang namanya memasak, kurang sempurna sepertinya jika menjadi seorang wanita tetapi tidak bisa memasak, kalau tidak bisa memasak nantinya siapa dong yang masakin suami dan anak-anak tercinta, masak iya harus pergi ke restaurant dulu, kan boros hehe. Nah ngomong-ngomong soal memasak nih, jelas bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak ada tuh yang namanya cabe, cabe bukan hanya bikin pedes lidah dan bibir aja lho ladies, tapi cabe juga bikin tangan orang yang mengolah kepedesan hehe, tapi pedesnya tangan biasanya terasa panas atau sering orang menyebut dengan istilah cabean atau wedangen (Jawa). Mungkin hal ini sepele dan tidak terlalu membahayakan untuk kesehatan, tapi yang namanya cabean itu rasanyaaaaaaaa, hmh manteb banget panasnya, hehe lebay dikit. Nah bagi Anda yang suka memasak pedas yang pasti tidak lepas dari cabe dan sering mengalami cabean atau tangan panas karena cabe dan pengen mengobatinya, ikuti aja nih  tips dari saya, langsung aja yha berikut caranya.

Cara Mengobati Tangan Panas Karena Cabe

  1. Mengoles minyak
    Cara yang satu ini sudah banyak dikenal orang. Sebelum memotong cabai, ada baiknya untuk mengoles tangan dengan minyak goreng jernih. Lapisan minyak goreng akan menghalangi tangan terkena kapsaisin yang membuat tangan panas.
  2. Masukkan tangan ke dalam garam atau beras
    Anda bisa mencegah timbulnya rasa panas di tangan dengan cara memasukkan tangan ke dalam wadah berisi garam. "Proses ini dilakukan setelah Anda memotong cabai, namun sebelum tangan terasa panas," sarannya.
  3. Susu
    Produk susu seperti susu cair atau yogurt berkhasiat menetralkan asam dari cabai. Jadi Anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan rasa terbakar pada tangan akibat cabai.
  4. Saus tomat
    Cara yang satu ini agak membuang-buang saus tomat. Sebab Anda harus merendam tangan pada saus tomat selama 15 menit sebelum mencucinya dengan bersih.
  5. Sabun cuci piring
    Segera cuci tangan dengan sabun dan air hangat saat merasakan tangan Anda seperti terbakar akibat cabai. Jika perlu, gosok jari-jari Anda dengan sikat agar sabun cuci bisa membersihkan tangan dengan sempurna.
  6. Spirtus
    Sebenarnya, Anda juga bisa menggunakan alkohol. Namun jika tidak memilikinya, gunakan spirtus yang mengandung 85 persen alkohol untuk mencuci tangan yang terasa terbakar akibat cabai.

loading...

Ikuti Update Kami