Panu : Penyebab dan Cara Mengatasinya - Panu adalah salah satu jenis penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja, tidak pandang bulu, laki-laki atau perempuan baik yang dewasa maupun anak-anak. Panu disebabkan oleh jamur Pityrosporum Ovale yang sering timbul tanpa kita sadari sebab dan kemunculannya, biasanya panu terletak dipunggung tetapi tidak menutup kemungkinan panu bertempat dibagian tubuh yang lain. Panu adalah penyakit yang sering kali menjadi bahan cemo'ohan dan ejekan. Panu ditandai oleh bercak yang terdapat pada kulit disertai rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak ini bisa berwarna putih, coklat atau merah tergantung kepada warna kulit penderita

Penyebab Panu

  • Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat.
  • Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan.
  • Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk.
  • Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.

Cara Menghilangkan Panu Secara Tradisional

  1. Menggunakan Bawang Putih
    Caranya : Iris 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian kemudian oleskan bawang putih tersebut pada area kulit yang terserang panu. Anda dapat melakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari dan juga sampai sembuh.
  2. Menggunakan Belerang
    Caranya : Tumbuk belerang dalam jumlah secukupnya sampai benar-benar halus. Setelah itu tambahkan minyak kelapa murni dan juga perasan air jeruk nipis dengan takaran secukupnya. Setelah semua bahan tersebut tercampur lalu oleskan pada kulit yang terserang panu. Anda dapat melakukan cara menghilangkan panu ini sebanyak 2 kali dalam sehari.
  3. Menggunakan Belimbing Wuluh
    Caranya :  Tumbuk buah belimbing wuluh dan campurkan dengan air kapur sirih. Setelah itu aduk hingga rata dan oleskan campuran terseut pada area kulit yang terserang panu. Anda dapat melakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari sampai sembuh.
  4. Menggunakan Lengkuas
    Caranya : Parut lengkuas sampai halus, setelah itu peras parutan lengkuas tersebut dan ambil air nya. Gunakan air perasan lengkuas tersebut untuk dioleskan pada area kulit yang terserang panu setelah mandi. Anda dapat melakukan cara ini sampai sembuh.
  5. Getah daun jarak
    Caranya : Gosokan terlebih dulu daun jarak pada kulit yang terserang panu, setelah itu oleskan dengan getah daun jarak tersebut.
  6. Jeruk Nipis
    Caranya : Ambil satu buah jeruk nipis kemudian potong menjadi 2 bagian. Siapkan juga belerang yang sudah ditumbuk secara halus. Ambil potongan jeruk nipis kemudian oleskan pada belerang dan oleskan pada kulit yang diserang penyakit panu. Lakukan ini secara rutin hingga panu berangsur-angsur hilang.
  7. Daun Pare
    Caranya :  Tumbuk secara halus beberapa daun pare kemudian campur dengan kapur sirih. Setelah itu gunakan untuk mengoleskan bagian kulit yang terdapat panu. Lakukan rutin setiap pagi dan malam ketika akan berajak tidur.
Ada baiknya bagi anda yang tidak pernah terkena panu untuk tetap menjaga kebersihan badan dan lingkungan agar tidak terkena penyakit yang satu ini, berikut ini tips menjaga kesehatan badan dan lingkungan agar tidak terkena panu :

Cara Mencegah Panu

  • Jaga kesehatan anggota tubuh.
  • Gunakan pakain dengan bahan yang dapat menyerap keringat
  • Biasakan tidak memakai peralatan mandi bergantian, seperti handuk.
  • Setelah habis setiap olah raga ada baiknya langsung mandi yangg bersih menggunakan sabun anti-septik.
  • Selalu mengkonsumsi vitamin C.
  • Mandi secara teratur, minimal 3 kali satu hari.
  • Jagalah kebersihan pakaian.

loading...

Ikuti Update Kami