Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang - Kentang pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena kentang sangat banyak dijual dipasa-pasar, baik pasar tradisional ataupun supermarket.
Kentang bisa diolah menjadi berbagai makanan, misalnya stick kentang, kripik kentang, campuran sop dan masih banyak lagi. Kentang juga mempunyai beberapa nama yang berbeda sesuai dengan daerahnya, misalnya di Indonesia (kentang), Sunda (kumeli), Inggris (Potato, white potato), Melayu  (Kentang), Vietnam   (khoai tay), Thailand (Man farang), Pilipina (Patatas), Cina (Ma ling shu, tu dou, yang yu), Jepang  Jaga (imo). Kentang memiliki nama Latin Solanum tuberosum L adalah tanaman dari suku solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dikonsumsi.

Klasifikasi Tanaman Kentang

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Asteridae
                         Ordo: Solanales
                             Famili: Solanaceae (suku terung-terungan)
                                 Genus: Solanum
                                     Spesies: Solanum tuberosum L.

Kandungan Gizi Kentang

Berikut ini kandungan gizi pada kentang setiap 100 gr nya:
  • Bagian Kentang yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 85 %
  • Jumlah Kandungan Energi Kentang = 83 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Kentang = 2 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Kentang = 0,1 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Kentang = 19,1 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Kentang = 11 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Kentang = 56 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Kentang = 1 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Kentang = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kentang = 0,11 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Kentang = 17 mg

Manfaat Kentang untuk Kesehatan

  1. Menjaga cadangan alkali tubuhSebagai penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh.
  2. Cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah
    kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehinga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah.
  3. Kentang mempunyai banyak khasiat. Di antaranya potassium, vitamin C (sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.
  4. Memutihkan dan melembutkan tangan
    Kandungan potassium, dan Vitamin C pada kentang sangat cocok untuk untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat. Bagi kulit berminyak, dua buah kentang dikupas dan diparut. Lalu dioleskan pada wajah hingga rata, biarkan selama 1/2 jam. Bersihkan dengan air dingin bersih. Sementara untuk jerawat, sebuah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan. Bersihkan dengan air bersih dingin.
  5. Maag dan kelebihan asam lambung
    Kentang mengandung atropine yang dapat membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.
  6. Pertumbuhan badan dan otak
    Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi di dalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dalam pertumbuhan badan dan otak. Dengan kentang kita dapat mengkonsumsi Vitamin C secara mudah. Karena vitamin C di dalam kentang tidak hilang setelah masak karena dikelilingi oleh sari pati. Walaupun kalorinya cukup rendah, kentang dapat menyebabkan kegemukan karena adanya Glycemic Index.
  7. Menghilangkan bengkak pada mata
    Parutlah kentang lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih (kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata.

Cara Memilih dan Menyimpan Kentang

  1. Carilah umbi kentang dengan tekstur yang baik, utuh dan memiliki lapisan kulit permukaan yang halus, bukan kering. Umumnya memiliki banyak “mata” pada permukaannya. Hindari kentang yang terasa lembut di tangan, dengan banyak bekas luka, atau memar.
  2. Mungkin anda pernah menemui kentang yang permukaannya ada perubahan warna kehijauan, dan dengan tumbuh tunas diseluruh permukaan. Jangan membeli kentang yang dalam kondisi seperti itu, karena perubahan warna merupakan indikasi kentang yang terlalu lama dan telah terjadi pembentukan racun alkaloid solanin.
  3. Kentang  harus disimpan di tempat yang sejuk, kering dan gelap. Paparan sinar matahari dan kelembaban yang berlebihan akan menyebabkan kentang   tumbuh dan membentuk racun alkaloid solanin.



loading...

Ikuti Update Kami