Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Kemangi - Daun kemangi tentu sudah sangat populer bagi anda pecinta lalapan, selain biasa digunakan untuk lalapan, daun kemangi dipercaya dapat menghilangkan bau badan pada tubuh manusia, mmmm...sebenernya bener enggak sih daun kemangi itu bisa menghilangkan bau badan? kalo bener apa sih kandungan yang terdapat didalamnya kok bisa menghilangkan bau badan, bagi anda yang masih bingung dan belum tau, baca aja diartikel ini :)
Berikut penjelasan tentang daun kemangi.

 

Klasifikasi Daun Kemangi

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Lamiales
  • Famili : Lamiaceae
  • Genus : Ocimum
  • Spesies : O. ×citriodorum

Kandungan Ilmiah Daun Kemangi

Berikut kandungan ilmiah dalam setiap 10 gram daun kemangi :
  1. Energi (kkal) 46
  2. Protein (g) 4,0
  3. Lemak (g) 0,5
  4. Karbohidrat (g) 8,9
  5. Kalsium (mg) 45
  6. Fosfor (mg) 75
  7. Besi (mg) 2
  8. Vitamin A (RE) 750
  9. Vitamin B (mg) 0.08
  10. Vitamin C (mg) 50
  11. Air (g) 85

Manfaat Daun Kemangi untuk Manusia

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.
  2. Mencegah Kemandulan
    Khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperm4 sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.
  3. Mengobati Panu
    Cara mengobati : Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.
  4. Mengobati Sariawan
    Cara mengobati : Ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.
  5. Melawan Radikal Bebas
    Daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.
  6. Membantu Pertumbuhan Tulang
    Daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.
  7. Melancarkan Aliran Darah
    Daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.
  8. Menghilangkan Mual dan Flu
    Cara mengobati : Keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.
  9. Menghilangkan Bau Mulut
    Cara mengobati : Ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.
  10. Meredakan Perut Kembung
    Cara mengobati : Rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.


loading...

Ikuti Update Kami