Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan - Ngantuk memang hal yang biasa dialami oleh seseorang, namun ada juga orang yang sering sekali merasakan ngantuk, walaupun terdengar sepele, ngantuk juga bisa membahayakan diri jika dialami ketika sedang mengendarai kendaraan, banyaknya kasus kecelakaan dijalan raya banyak yang disebabkan karena mengantuk. Jika mengantuk saat mengendari dan terjadi kecelakaan siapa yang mau tanggung jawab? Fatal bukan akibatnya? Bahkan nyawa yang jadi taruhannya. Padahal Anda perlu menyisakan beberapa menit saja untuk mengusir ngantuk yaitu dengan beristirahat.
Bagi Anda yang seringkali mengantuk pada event apapun, Anda bisa mengikuti prosedur pada artikel ini, berikut tips menghilangkan ngantuk yang berlebihan :

Cara Mengatasi Ngantuk Berlebihan

  1. Konsumsi Kacang AlmondKacang almond kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
  2. Banyak minum Air Putih
    Selain mengkonsumsi sayuran hijau dan buah kita juga diwajibkan minum air putih minimal 8 gelas per hari.
  3. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenakJika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.
  4. Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan
    Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.
  5. Makan camilan
    Cara mengatasi ngantuk ke-5 yakni makan camilan, tapi ingat ya, pilih camilan yang sehat seperti kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri, yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar, baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.
  6. Ngobrol dengan rekan kerja
    Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak.
  7. Bikin ruang kerja lebih terang
    Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.
  8. Tarik nafas dalam
    Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.
  9. Tidur siang sejenakMenurut Barry Krakow, MD, penulis Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night, ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur siang: Jangan tidur siang lebih dari sekali, atau mendekati waktu tidur Anda. "Tidurlah antara 5 sampai 25 menit," kata Barry. Waktu tidur siang sebaiknya enam atau tujuh jam sebelum Anda biasa akan pergi tidur. Jika Anda ingin istirahat hampir saat jam tidur, istirahatlah lebih pendek. Jika Anda perlu tidur siang di tempat kerja, lebih baik jangan tidur di meja. Beberapa perusahaan menyediakan kamar tidur bagi karyawan. Atau anda dapat melatih selama liburan dengan jam alarm untuk memastikan anda bangun tepat waktu. Jika Anda tidak dapat tidur, beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau lebih.
  10. Udara siang mengatur siklus tidurCobalah untuk menghabiskan setidaknya 30 menit sehari di bawah sinar matahari alami. (Bagi penderita insomnia, para ahli merekomendasikan untuk tidur pada jam matahari pagi bersinar). Berjalanlah keluar untuk menghirup udara segar sekaligus memulihkan kembali indera Anda.
  11. OlahragaHasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.
  12. Menepilah saat mengantuk ketika mengemudiMengemudi sambil mengantuk sama bahayanya dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol, karena saat mengantuk kita juga akank kehilangan kesadaran diri.
  13. Minum Kopi atau Teh
    Teh maupun dapat dibuktikan bisa menyingkirkan kantuk lantaran mengandu zat kafein yang bisa menstimulus otak anda kembali fresh. Namun ingat, janganlah terlampau banyak meminum kopi lantaran terlampau banyak minum kopi bisa berimplikasi ke beragam jenis penyakit yang lain, terlebih lambung.
  14. Bersihkan Muka
    Dengan membersihkan muka maka wajah terasa lebih fresh atau segar, maka mata akan berusaha terbuka letika wajah kita fresh.

loading...

Ikuti Update Kami