Cara Mengatasi Gigi Ngilu - Makan adalah aktifitas yang biasa kita lakukan setiap hari, bukan hanya dari makanan yang enak kita bisa merasakan lezatnya makan, jika makanan sudah lezat tetapi gigi kita sering merasa ngilu, bisa-bisa makan pun tidak terasa lezat, apalagi jika minum es gigi akan terasa sangat ngilu. Gigi sensitif atau dentine hypersensitivity adalah rasa nyeri yang timbul akibat terbukanya lapisan dentin (batas antara gigi dan gusi) di bawah email gigi. Dengan terbukanya dentin, maka rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju syaraf dan menyebabkan nyeri.

Penyebab Gigi Ngilu

  • Buruknya kebersihan gigi dan mulut
  • Penyikatan gigi yang terlalu kuat
  • Penurunan gusi
  • Pasien lansia
  • Mulut kering dan produksi air liur sedikit
  • Bleaching (pemutihan permukaan gigi)
  • Kebiasaan konsumsi makanan/minuman yang bersifat asam

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

  1. Selalu gunakan pasta gigi untuk gigi yang sensitif
    Pasta gigi khusus gigi yang sensitif banyak tersedia di pasaran. Guakanlah pasta gigi yang memang mengandung formula yang bisa menenangkan syaraf yang menyebabkan gigi anda ngilu.
  2. Gunakan pembersih mulut (Mouthwash) untuk menjaga kesehatan gigi sensitif
    Gunakanlah mouthwash agar gigi anda terhindar oleh ngilu. Sebab ada zat aktif yang bisa berfungsi untuk mengusir kuman dan mengancurkan karang gigi yang menyebabkan gigi terasa ngilu.
  3. Gunakanlah sikat gigi yang lembut
    Hindari pemakaian sikat gigi yang kaku cobalah berganti pada sikat gigi yang lembut. Sikat gigi yang keras dan kaku bisa mempercepat pengikisan pada email gigi. Rendamlah sikat gigi yang kamu pakai ke dalam air panas untuk melembutkan dan mengangkat kototran yang menempel pada sikat gigi.
  4. Menggosok gigi secara perlahan
    Gigi sensitif sangat rentan terhadap benda-benda yang mempercepat proses pengikisan. Salah satunya adalah cara menggosok gigi dengan cepat ataupun terburu-buru. Gosok gigilah dengan berlahan-lahan agar tidak merusak email gigi.
  5. Hindari makanan yang terlalu panas dan dingin
    Suah menjadi rahasia umum bahwa makanan yang dingin dan panas akan membuat gigi ngilu. Hindari makanan yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Hindari juga memakan buah-buahan yang terlalu asam, termasuk minuman yang juga terlalu asam.
  6. Jangan makan yang panas dan dingin
    Jangan berpindah ke makanan yang terlalu dingin setelah memakan makanan yang terlalu panas, begitupun sebaliknya, karena ini akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif.
  7. Jangan makan permen karet
    Permen karet memang berfungsi untuk memutihkan gigi, namun terlalu sering mengunyah permen karet justru akan mengikis kekuatan gigi anda. Karena permen karet akan mengakibatkan penipisan pada dinding gigi, meskipun efeknya gigi anda terlihat lebih putih.
  8. Sikatlah gigi secara teraturSelain itu telitilah dalam menyikat gigi anda. Terlalu sering lupa menyikat gigi akan meningkatkan kadar asam dalam mulut dan merapuhkan gigi anda. Akibatnya plak akan mudah terbentuk dan menjadi penyebab gigi sensitif.
  9. Dokter gigi
    Kunjungi dokter gigi secara teratur minimal 6 bulan sekali untuk kontrol agar dapat ditemukan jika memang ada gigi atau gusi yang bermasalah.
  10. HIndari makanan manis
    Hindari terlalu banyak konsumsi makanan manis karena mereka lebih mudah masuk ke saraf gigi dan dapat menyebabkan rasa ngilu yang hebat.

loading...

Ikuti Update Kami