Penyebab Penyakit Asma dan Cara Mengobatinya - Penyakit asma erat kaitannya dengan susah nafas, gejala awalnya berupa nafas yang berat ataupun batuk. Penyakit asma adalah peradangan kronis saluran udara yang menuju ke paru-paru (bronkus). Saluran udara yang ekstra-sensitif itu dapat meradang, bengkak dan berlendir bila dipicu oleh kondisi tertentu. Otot-otot di sekitar saluran udara juga mengejang dan menciut, mengalami apa yang disebut bronkospasma.
Saluran udara yang menyempit oleh peradangan, lendir dan bronkospasma itu menyebabkan sesak napas, sesak dada, mengi (napas berbunyi) dan batuk yang kadang-kadang disertai lendir. Sesak napas berlangsung selama suatu periode atau selama beraktivitas fisik.
Pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan mempengaruhi saluran pernafasan. Penyempitan ini menjadi penyabab asma dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.

Gejala Penyakit Asma

  1. Kesusahan bernapas yang dikarenakan sesak napas atau napas yang kerap terengah-engah. Gejala ini jadi penanda asma yang sangat umum.
  2. Kerap batuk. Batuk dapat jadi sinyal ada suatu hal yang salah pada paru-paru atau saluran pernapasan.
  3. Mengi/Dada merasa sesak. situasi ini tunjukkan bahwa paru-paru ada dibawah tekanan serta sebagai mengakibatkan timbul rasa sakit konstan yang berlangsung di tempat tersebut.
  4. Perasaan capek serta lesu. Ke-2 perihal ini tunjukkan bahwa tidak ada cukup oksigen yang didistribusikan ke tubuh oleh paru-paru.
  5. Cepat capek saat beraktivitas fisik layaknya olahraga.
  6. Susah tidur. Situasi ini bisa mengakibatkan tubuh merasa lesu esok harinya.
  7. Lebih peka pada alergi.
  8. Pembacaan rendah apabila di check memakai peak flow mtr, peak flow mtr yaitu alat yang dipakai untuk mengukur fungsi paru-paru serta untuk memastikan apakah paru-paru bekerja di tingkat normal saat memanfaatkan oksigen.
  9. Ketidakmampuan untuk terlibat didalam kegiatan fisik yang panjang tanpa alami masalah pernapasan.

Penyebab Penyakit Asma

  1. Bawaan atau turunan
    Bila didalam sesuatu keluarga ada yang mengindap penyakit asma, maka kemungkinan besar keturunannya dapat menyebabkan juga. Serta penyakit ini tidak menular, tetapi melewati keturunan.
  2. Hawa dingin
    Suhu yang dingin dapat menyebabkan munculnya penyakit asma, seperti cuaca hujan, pemakaian ac dengan suhu yang tinggi serta di daerah-daerah pegunungan.
  3. Makanan
    Makanan yang memiliki kandungan kandungan msg serta pengawet tinggi amatlah untuk di jauhi, di antaranya layaknya kacang-kacangan, minuman es atau dingin, serta coklat.
  4. Faktor linkungan
    Lingkungan penuh debu, kotor, serta asap adalah area awalannya timbul penyakit asma, dikarenakan perihal tersebut amat mengganggu serta sensi sekali dengan paru-paru. Oleh karena itu kami anjurkan untuk melindungi kesehatan serta kebersihan lingkungan anda dari kotor-kotor serta pastinya melindungi gaya hidup yang sehat serta bersih.

Cara Mengobati Penyakit Asma

Cara 1 :
Irisan jahe setebal 3 mm ditempelkan dengan menggunakan koyo hangat/cabe pada titik dazhui.

Cara 2 :
15 gram bunga melati dan 15 gram rimpang jahe direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat sebanyak setengah gelas untuk sekali minum.

Cara 3 :
Ambil 30 gram akar tanaman putri malu, rebus dengan air 400 cc, rebus dengan air mendidih hingga air tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Cara 4 :
Ambil 15 gram bunga melati yang direbus dengan 400 cc sampai mendidih hingga tersisa 200 cc, kemudian diminum airnya selagi hangat.

Cara 5 :
Ambil 3 siung bawang putih kemudian tumbuk halus lalu campurkan dengan 1 sdm madu  dan gula batu secukupnya. Rebus semua bahan hingga mendidih sambil diaduk rata dan sampai tercium aroma ramuan herbal tersebut, kemudian diperas dan disaring. Diminum setiap pagi hingga sembuh.

loading...

Ikuti Update Kami