Penyebab, Gejala Penyakit Prostat dan Cara Mengobatinya - Prostat sampai saat ini masih menjadi momok bagi para pria, pasalnya penyakit yang menyerang laki-laki ini sangat sakit dan penyakit ini berhubungan dengan aktifitas ekskresi yang membuat penderitanya sangat tidak nyaman ketika kencing.
Penyakit Prostat umumnya dialami oleh laki-laki dewasa yang berumur lebih dari lima puluh tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa yang lebih muda juga akan terserang penyakit ini, yang terpenting adalah menjaga kebersihan organ tubuh dan tetap menjaga pola makan yang baik dan sehat.
Terdapat tiga masalah medis yang biasa terjadi pada prostat yaitu pembesaran prostat, peradangan pada kelenjar prostat (prostatitis) dan kanker prostat. Tapi pada artikel ini hanya akan membahas tentang kanker prostat. Kunci utama agar seorang pria tidak terkena kanker prostat adalah mengobati penyakit prostat sejak awal sebelum menjalar menjadi sebuah tumor yang berbahaya.

Gejala Penyakit Kanker Prostat

  1. Sulit berkemih
    Bisa berupa perasaan ingin berkemih tapi tidak ada yang keluar, berhenti saat sedang berkemih, ada perasaan masih ingin berkemih atau harus sering ke toilet untuk berkemih karena keluarnya sedikit-sedikit. Gejala ini muncul sebagai akibat  membesarnya kelenjar prostat yang ada di sekitar saluran kemih karena ada tumor di dalamnya sehingga mengganggu proses berkemih.
  2. Nyeri saat berkemih
    Problem ini juga disebabkan adanya tumor prostat yang menekan saluran kemih. Namun, nyeri ini juga bisa merupakan gejala infeksi prostat yang disebut prostatitis. Bisa juga tanda hiperplasia prostat yang bukan merupakan kanker.
  3. Keluar darah saat berkemihGejala ini jarang terjadi, namun jangan diabaikan. Segeralah periksa ke dokter meski darah yang dikeluarkan hanya sedikit, samar-samar atau hanya berwarna merah muda. Kadangkala infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan gejala ini.
  4. Sulit ereksi atau menahan ereksi
    Tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi. Bisa juga menyebabkan tidak bisa ejakulasi setelah ereksi. Tapi, pembesaran prostat bisa saja menyebabkan munculnya gejala ini.
  5. Sulit buang air besar (BAB) dan masalah saluran pencernaan lainnya
    Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Akibatnya, bila ada tumor, pencernaan akan terganggu. Namun perlu diingat, sulit BAB yang terus menerus terjadi juga bisa menyebabkan pembesaran prostat karena terjadi tekanan pada kelenjar secara terus menerus. Sulitnya BAB dan gangguan saluran pencernaan bisa juga mengindikasikan kanker usus besar.
    Nyeri terus-menerus di punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas
    Sering kali, kanker prostat menyebar di wilayah-wilayah ini, yaitu pada punggung bawah,  panggul dan pinggul sehingga nyeri yang sulit dijelaskan di bagian ini bisa menjadi tanda adanya gangguan.
  6. Sering berkemih di malam hari
    Jika Anda sering terbangun di malam hari lebih dari sekali hanya untuk berkemih, periksalah segera ke dokter.
  7. Urin yang menetes atau tidak cukup kuat
    Gejala ini mirip inkontinensia urin (mengompol). Urin tidak dapat ditahan hingga perlahan keluar dan menetes. Atau kalau pun keluar aliran tidak cukup kuat.
  8. Usia di atas 50 dan mempunyai faktor resikoKarena tidak menimbulkan gejala maka pria yang memiliki faktor resiko sebaiknya memeriksakan diri secara rutin.

Penyebab Penyakit Kanker Prostat

  1. Berusia lanjut, kanker prostat biasanya menyerang laki-laki berusia 65 tahun.
  2. Faktor keturunan. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami kanker prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  3. Obesitas, laki-laki yang memiliki kanker prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.
  4. Perubahan abnormalitas patologis prostat, pria yang menderita Intraphitelial neoplasia prostat, kemungkinan terkena kanker prostatnya meningkat secara jelas.
  5. Pola makan, pria yang sering makan makanan tinggi lemak hewani adalah golongan pria yang gampang terkena kanker prostat.
  6. Hormon jantan, hormon jantan dalam badan dapat memperlancar tumbuhnnya kanker prostat, merupakan salah satu penyebab kanker prostat.

Cara Mengobati Kanker Prostat

  1. Operasi : operasi externis prostat adalah cara mengobati kanker prostat yang paling sering ditemui, dengan operasi pengangkatan prostat, secara keseluruhan mengangkat bagian prostat yang terkena kanker atau keseluruhan prostat, demi menahan perluasan kanker prostat.
  2. Kemoterapi : Pengobatan dengan obat kemo, adalah cara mengobati kanker prostat seluruh badan, dapat mengontrol perluasan dan penyebaran sel kanker dengan efektif.
  3. Radioterapi : radioterapi utamanya dibagi mencari cara sebagai berikut : 1. radioterapi luar badan, 2. radioterapi dalam organ, cara ini sering dipadukan dengan mastektomi radikal prostat atau operasi pembersihan kelenjar getah bening tulang panggul; 3. radioterapi seluruh badan, pada kondisi tertentu dapat mengurangi sakit di bagian tertentu yang diakibatkan penyebaran tulang dan mengurangi perkembangan lesi.

Cara Mencegah Kanker Prostat

  1. Memilih makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah. Hindari makanan berlemak tinggi. Buah dan sayur memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang secara konsisten membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene.
  2. Pilihlah makanan yang sehat daripada menggunakan suplemen. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen memiliki peran mengurangi risiko kanker prostat. Makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi lebih bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.
  3. Sering berolahraga. Berolahraga akan memperbaiki kesehatan anda serta menjaga berat badan anda. Ada bukti yang menjelaskan bahwa laki-laki yang sering berolahraga memiliki sedikit kasus terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.
  4. Jaga berat badan sehat anda. Jika anda memiliki berat badan yang ideal saat ini, jaga agar berat badan anda tetap sehat dengan berolahraga. Jika anda memiliki berat badan yang lebih, kurangi kalori dalam makanan anda sehari-hari dan berolahragalah lebih banyak.
  5. Bicaralah pada dokter anda jika anda pikir bahwa anda memiliki peningkatan risiko kanker prostat. Penelitian menemukan bahwa obat finasteride (Propecia, Proscar) dapat mencegah atau menunda terbentuknya kanker prostat pada laki-laki usia 55 ke atas. Obat ini biasanya digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat dan kerontokan rambut pada laki-laki.


loading...

Ikuti Update Kami