Ciri-ciri Kanker Otak dan Cara Mengatasinya - Seperti yang kita ketahui, pasti akan miris dan mengerikan tentunya jika kita mendengar penyakit kanker, iya kanker memang penyakit yang ganas dan mematikan. Penyebab penyakit kanker sejauh ini memang belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya, sedangkan semakin hari semakin bertambah banyak korban yang meninggal akibat penyakti kanker ini, oleh karena itu, kita harus mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan agar kesehatan kita tetap terjaga, yaitu dengan makan makanan yang sehat, mengatur pola makan, berolahraga dll.

Gejala Kanker Otak

  1. Kehilangan sensasi atau gerakan di lengan atau kaki secara bertahap
  2. Haid yang berhenti tidak normal bagi pengidap wanita.
  3. Terjadi rasa ngantuk dalam waktu yang lama meskipun tidur sudah cukup lama
  4. Perubahan pola sakit kepala
  5. Sakit kepala yang secara bertahap menjadi lebih sering dan lebih parah
  6. Mual atau muntah tanpa sebab yang jelas
  7. Masalah penglihatan, seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda atau kehilangan penglihatan perifer
  8. Kesulitan pada keseimbangan
  9. Kesulitan dalam berbicara
  10. Perubahan kepribadian atau perilaku
  11. Kejang, terutama pada seseorang yang tidak memiliki riwayat kejang
  12. Daya penciuman yang berkurang daripada sebelumnya
  13. Mengalami masalah pada pendengaran.

Penyebab Kanker Otak

  • Faktor radiasi : Salah satu penyebab kanker otak adalah faktor radiasi, gelombang radiasi yang dipancarkan oleh barang-barang elektronik seperti komputer, ponsel dll.
  • Faktor kimia : pewarnan makanan, kontak pestisida, folmadehida dsb. dapat menyebabkan kanker otak dalam jangka panjang.
  • Faktor genetik : hampir separuh dari pengidap kanker otak penyebabnya adalah dari faktor genetik atau turunan dari riwayat keluarga.
  • Faktor radioterapi.
  • Faktor trauma : trauma eksternal dapat merangsang otak, jaringan parut minengeal akan mengarah ke tumor dan mempercepat pertumbuhan tumor otak yang sebelumnya sudah ada.

Cara Mengatasi Kanker Otak

  • Usahakan agar kepala anda tidak terbentur hingga alami trauma. Jauhi kegiatan yang memiliki resiko tinggi dan senantiasa pakai helm waktu anda mengendarai motor.
  • Selalu hindari benda dengan kandungan radiasi yang tinggi dikarenakan tuturan radiasi dengan level yang spesifik akan bisa menyebabkan perubahan sel abnormal. Bila menelepon memakai handphone, Anda dapat pakai handsfreeagar supaya ada jarak pada ponsel dan juga kepala hingga mampu untuk kurangi kandungan panas serta radiasi.
  • Jauhi bahan karsiogenik, contohnya minyak goreng yang digunakan berulang-ulang untuk menggoreng.
  • Jangan kecanduan merokok
  • Sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki serat, dan jangan dibiasakan untuk mengonsumsi makanan yang berlemak.
  • Silahkan perbanyak mengonsumsi buah yang memiliki kandungan antioksidan seperti halnya kurma, buah jeruk, buah strawberry, kismis, buah plum serta anggur merah. Kandungan zat antioksidan dapat membantu melancarkan peredaran darah pada saraf otak hingga bisa menghindari berlangsungnya penyempitan ataupun terjadi penyumbatan pada pembuluh darah.
  • Biasakan untuk hidup dengan pola hidup sehat. Seperti tidur yang cukup, teratur melakukan olahraga supaya ada sirkulasi pada darah menuju otak.


loading...

Ikuti Update Kami