Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Lupus Serta Cara Mengobatinya - Lupus adalah penyakit yang banyak menyerang wanita tetapi tidak jarang juga laki-laki yang terserang penyakit ini. Penyakit Lupus adalah penyakit yang menyerang jaringan ikat dan pembuluh darah sehingga berdampak sangat luas meliputi banyak organ tubuh. Umumnya timbul kelainan berupa ruam-ruam pada kulit, khususnya pada bagian wajah sehingga penampilan penderita yang digambarkan mirip dengan lupus atau srigala. Penderita lupus seharusnya harus bisa menghindari stress, menjaga agar tidak langsung terkena matahari, mengurangi beban kerja yang berlebihan, sedangkan Penyakit Lupus adalah dengan sistem kekebalan yang berlebihan sehingga tubuh menjadi over acting terhadap ransangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak anti bodi atau semacam protein yang malah ditunjukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri.

Gejala Penyakit Lupus

  1. Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  2. Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  3. Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.
  4. Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini.
  5. Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan.
  6. Rambut rontok
  7. Jari dan kuku membiru ketika terkena dingin atau saat stres
  8. Napas pendek
  9. Nyeri pada dada
  10. Mata Kering
  11. Mudah memar
  12. Gelisah, depresi.

Penyebab Penyakit Lupus

Penyakit Lupus sulit untuk didiagnosa karena gejalanya yang mirip dengan penyakit umum lainnya. Penyakit Lupus bukan penyakit yang disebabkan oleh kuman, virus atau bakteri. Faktor penyebab penyakit lupus kemungkinan besar adalah Keterlibatan faktor genetik, hormon, dan lingkungan. Pengobatan dari penyakit lupus ini masih belum diketahui dengan pasti, Gejala awal yang dialami orang yang terkena penyakit lupus, biasanya sakit pada sendi dan tulang, pasien juga mengalami demam yang panjang, dan juga pasien akan mengalami rasa cepat lelah.


loading...

Ikuti Update Kami