Kumis Kucing - Tanaman obat yang satu ini tentu sudahtidak asing lagi bagi kita, tanaman ini sering dijadikan pagar ataupun ahanya sebagai tanaman hias depan rumah saja. Kumis kucing mempunyai nama Latin Orthosiphon aristatus merupakan salah tanaman obat asli Indonesia yang memiliki kegunaan dan khasiat yang sangat banyak untuk manusia terutama dalam pencegahan dan pengobatan berbagai macam penyakit.
Kumis kucing mempunyai kandungan kimia glikosida orthosiphonin, kandungan zat ini bermanfaat sebagai zat yang dapat melarutkan fosfor serta asam urat yang ada dalam tubuh kita, terutama pada bagian empedu serta kandung kemih. Masih banyak lagi manfaat yang terdapat dalam tanaman herbal ini, berikut adalah manfaat kumis kucing untuk kesehatan:

Manfaat Kumis Kucing

  1. Untuk memperlancar pengeluaran air kemih
    Caranya: Ambil Kumis Kucing 30 gram, Akar Alang-alang 30 gram, Meniran 30 gram kemudian semua dicuci sampai bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak tiga gelas. Tunggu sampai mendidih, sampai tersisa kira-kira 1.5 gelas air. Kemudian ramuan tersebut diminum 3x sehari sebanyak setengah gelas.
  2. Untuk mengobati batu ginjal
    Caranya: Ambil Daun kumis kucing 25 gram, Daun ngokilo 25 gram, Daun meniran dengan akarnya 25 gram, Daun keji beling, dicuci 25 gram, kemudian semua bahan diatas direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari.
  3. Obat herbal Sakit pinggang
    Caranya: Ambil7 helai daun kumis kucing kemudian siapkan juga akar kumis kucing. Lalu potong akar menjadi 2 bagian dan rebus kedalam segelas air. Diamkan semalam dan minum air rebusan.
  4. Obat Herbal Masuk angin
    Caranya:siapakn sekitar satu sendok daun dari kumis kucing lalu rebuslah dengan menggunakan 1 gelas air, diamkan hingga ar rebusan tinggal setengah gelas saja. Minumlah air rebusa setelah dingin sekaligus.
  5. Obat Herbal Kencing batu
    Caranya: Siapkan sekitar 90g daun kumis kucing dan bersihkan hingga benar-benar bersih, rebus daun kumis kucing dengan air 1 liter, dan biarkan air rebusan hanya tersisa kurang lebih 750 cc. angkat dan dinginkan, minum airrebusan tadi 3 kali sehari ( 750/3 kali minum), lakukan cara ini hingga penyakit anda sembuh.
Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang manfaat tanaman herbal kumis kucing, semoga bermanfaat bagi yang membaca dan selamat mencoba :)


loading...

Ikuti Update Kami