Daun Sukun - Daun sukun mungkin sudah cukup terkenal untuk mengobati beberapa penyakit pada manusia yang mungkin orang-orang awam belum banyak mengetahuinya. Buah sukun jika dilihat sekilas mempunyai kemiripan dengan buah durian dan buah nangka, terutama pada bagian kulitnya yang terlihat berduri, namun duri kulit buah sukun lebih tumpul dibanding durian maupun nangka. Daging buah sukun sangat empuk dan kaya akan karbohidrat tapi rendah kalori sehingga orang-orang Barat menyebutnya sebagai buah roti.
Daun sukun mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Selain itu dalam daun sukun juga terdapat kandungan mineral seperti kalsium, fosfor dan juga zat besi. Daun sukun juga mengandung asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia seperti histidine, isoleusin, lysine, methionin, tryptophan dan juga valin. Tidak hanya itu, dalam daun sukun juga terdapat kandungan lainnya seperti, hidrosianat, asetilcolin, tannin dan juga riboflavin.

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan


  1. Membuat Ginjal Sehat
    Cara mengobati: Ambil beberapa lembar daun sukun yang masih segar, lalu cuci sampai bersih daun sukun yang tadi telah kita siapkan, kemudian rebuslah daun sukun tersebut, setelah selesai minum air rebusan daun sukun tersebut dengan rutin dan teratur.
  2. Mengobati Sakit Jantung
    Cara mengobati: Ambil satu lembar daun sukun yang sudah tua namun yang masih berada di pohon. Cuci daun sukun tersebut sampai bersih, lalu jemur sampai daun sukun tersebut kering. Rebus daun sukun dengan menggunakan air sebanyak 5 gelas dan tunggu sampai air mendidih dan juga airnya tersisa menjadi separuhnya, kemudian tambahkan kembali airnya hingga menjadi 5 gelas kembali, lalu saring air rebusan daun sukun tersebut dan air tersebut siap untuk diminum secara langsung.
  3. Menurunkan Kadar Kolesterol
    Cara mengobati: Ambil segengggam daun sukun yang telah dikeringkan dan juga bangle yang diseduh dengan menggunakan air panas, lakukan hal sama seperti ketika kita sedang membuat teh, dan ramuan tersebut dapat diminum setiap hari.
  4. Mencegah Inflamasi dan Peradangan
    Cara mengobati: Ambil1 lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci daun sukun tersebut sampai bersih, kemudian rebus daun sukun dengan menggunakan 5 gelas air. Setelah air mendidih dan juga air rebusan trersebut tersisa menjadi separuhnya, kemudian tambahkan kembali air, saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung, minum lah dengan rutin.
  5. Meredakan Asam Urat
    Cara mengobati: caranya sama dengan mengobati penyakit ginjal. Namun, dapat juga ditambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit dalam ramuan daun sukun yang telah kita buat. Sebaiknya, bagi para penderita penyakit asam urat lebih baik menghindari untuk mengkonsumsi jenis makanan seperti, daun bayam, daun singkong, jeroan, kangkung dan juga daging sapi.
  6. Mengobati Penyakit Bengkak Limpa
    Cara mengobati: Ambil beberapa lembar daun sukun yang sudah tua, lalu remas daun sukun tersebut, kemudian kompreskan pada bagian yang sakit. Namun, perlu diingat bahwa cara ini khusus digunakan sebagai obat luar.




Nah itu tadi sedikit penjelsan tentang kandungan dan manfaat daun sukun, semoga bermanfaat bagi yang membaca dan selamat mencoba :)


loading...

Ikuti Update Kami