Bunga Sepatu - Tanaman ini sering dijadikan hiasan didepan rumah atau halaman rumah, dibalik indahnya bunga sepatu mungkin tak banyak orang tahu tentang manfaat bunga sepatu untuk kesehatan tubuh manusia. Bunga sepatu memiliki kandungan seperti: protein, lemak, lendir, zat pahit, peroksidase, taraxelyl acetat. Bunga sepatu memiliki nama yang berbeda di tiap-tiap wilayah, seperti soma-soma (nias), bungong raya (aceh), bunga bunga (batak), kembang wera (sunda), bunga raya (melayu), kembang sepatu, wora wari (jawa), waribang (bali), dll. Bunga sepatu juga mempunyai banyak manfaat, berikut ini adalah beberapa manfaat bunga sepatu untuk kusehatan manusia:

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

  1. Mengobati kencing bernanah
    Caranya: Siapkan beberapa kuntum bunga sepatu dengan sekitar 15 g sambiloto lalu direbus, dan dapat diminum sebelumnya disaring terlebih dahulu. Bisa ditambahkan madu untuk menambah rasa manis.
  2. Mengobati batuk lendir dan berdarah
    Caranya: Siapkan dua kuntum bunga sepatu yang sudah di cuci bersih lalu remas-remas, seduh dengan air panas dan diamkan selam semalaman. Keesokan harinya dapat diminum sebelum makan dengan disaring terlebih dahulu dengan menambahkan madu.
  3. Mengobati demam
    Caranya: Campurkan daun bunga sepatu ditambah daun papaya dan sedikit garam, lalu rebus semua bahan hingga mendidih. Kemudian minum air rebusan saat masih hangat.
  4. Mengobati masalah pernafasan seperti bronchitis
    Caranya: Siapkan 2 kuntum bunga sepatu yang sudah di cuci bersih, lalu haluskan dan seduh dengan air panas ditambah sedikit garam. Dapat diminum dengan disaring terlebih dahulu.
  5. Mengatasi masalah gondongan
    Caranya: Rebus bagian daun dan bunga sepatu, lalu dapat di minum dengan disaring terlebih dahulu.
  6. Melancarkan haid
    Caranya: Siapkan 3 kuntum bunga sepatu lalu digiling hingga lumat, tambahkan air matang dan sedikit cuka beras putih, saring airnya lalu diminum dua sampai tiga kali dalam sehari.
Bunga sepatu juga bisa digunakan untuk perawatan rambut, berikut ini adalah cara untuk membuat ramuan bunga sepatu untuk rambut.
Cara membuatnya ramuan bunga sepatu untuk perawatan rambut adalah sebagai berikut:
  1. Cukup menumbuk halus beberapa lembar daun bunga sepatu.
  2. Kemudian campurkan dengan air dan kocok selama lima menit.
  3. Setelah itu, saring ampasnya.
  4. Tambahkan perasan jeruk nipis pada larutan air daun bunga sepatu tersebut.
  5. Usapkan pada rambut Anda sambil dipijat.
  6. Bilas dengan air dan keramas seperti biasa.
  7. Lakukan perawatan alami ini dua kali seminggu.


Nah itu dia sedikit penjelasan tentang bunga sepatu, semoga bermanfaat dan selamat mencoba :) 

Manfaat Bunga Kamboja dan Manfaat Bunga Kumis Kucing


loading...

Ikuti Update Kami