Belimbing Wuluh - Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini, bentuknya mungil, rasanya sangat asam dan sering dijadikan bumbu masak. Buah belimbing wuluh awalnya berasal dari daerah Indonesia tepatnya di Maluku, sehingga kemudian dikembangbiakkan di beberapa daerah lainya di Indonesia hingga sampai pada negara lain seperti Myanmar, Sri Lanka, Filipina dan Malaysia. Belimbing wuluh memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi, termasuk kedalam suku atau family Oxcalidaceae. Tanaman ini juga dikenal dengan nama calincing dan balingbing (sunda), blimbing wuluh (Jawa), asom, belimbing atau balimbingan (Batak), blimbing buluh (Bali), dan balimbieng (Minangkabau), Limeng ungkot dan bohlimeng (Aceh), Selemeng (Gayo), Belimbing asam (Melayu), Malimbi (Nias), Balimbing (Lampung), Bhalingbhing bulu (Madura), Limbi (Bima), Balimbeng (Flores), Libi (Sawu), Belerang (Sangir), Belimbing tunjuk (Banjarmasin), Bainang (Makassar).

Kandungan Buah Belimbing Wuluh

Selain digunakan untuk bumbu masak, belimbing wuluh ternyata memiliki beberapa kandungan yang berguna untuk manuisa, berikut adalah kandungan ilmiah belimbing wuluh:
  • saponin
  • tanin
  • glukosid
  • kalsium oksalat
  • sulfur
  • asam format
  • peroksida
  • alkaloida
  • kalium sitrat.


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh manuisa dan cara mengobatinya.
  1. Mengobati batuk
    Cara mengobati: Ambil bunga belimbing wuluh sebanyak 25 kuntum, rimpang dan kulit kayu masing-masing 1 jari, bawang merah sebanyak 2 siung, daun sendok dan daun inggu sebanyak ¼ genggam. Kenudian semua bahan dicuci bersih lalu dipotong kecil-kecil. Setelah itu rebus semua bahan yang telah dicuci dan direbus pada air sebanyak 5 gelas sehingga airnya nanti tersisa ½ gelas. Lalu saringlah air dan minumlah 3 kali sehari. Anda juga bisa mencampurkan madu pada air tersebut sebelum diminum.
  2. Mengobati rematik
    Cara mengobati: Ambil daun belimbing wuluh yang masih muda sekitar 1 ons, merica sebanyak 15 biji, cengkeh 10 biji dan cuka putih secukupnya. Kemudian campurkan daun belimbing, merica dan cengkeh sambil ditumbuk hingga halus. Setelah itu campurkan cuka putihnya pada bahan yang telah ditumbuk halus. Kemudian oleskan secara rutin pada bagian kulit anda yang sakit.
  3. Mengobati gondongan
    Cara mengobati: Belimbing wuluh yang masih muda dan daunnya sekitar 10 ranting serta bawang merah sebanyak 4 siung. Kemudian haluskan semua bahan yang telah disiapkan tersebut. Setelah iu oles/balurkan pada bagian tubuh anda yang sakit secara rutin setiap hari.
  4. Menghilangkan panu
    Cara mengobati: Ambil Belimbing wuluh sebanyak 10 buah dan kapur sirih secukupnya. Kemudian tumbuk semua belimbing wuluh hingga halus, kemudian campurkan kapur sirih yang telah disiapkan pada belimbing wuluh yang telah halus tersebut. Nah, setelah itu oleskan pada bagian kulit anda yang terkena panu.
  5. Menghilangkan jerawat
    Cara mengobati: Ambil belimbing wuluh dan garam secukupnya saja. Kemudian haluskan buah belimbing wuluh yang telah disiapkan, setelah itu campurkan garam secukupnya sehingga semua bahan tercampur rata. Lalu gosokkan pada bagian wajah yang jerawat.
  6. Mengobati batuk pada anak
    Cara mengobati: Ambil bunga belimbing wuluh sekitar ½ genggam, gula, adas dan air putih. Kemudian campur semua bahan yang telah disiapkan lalu ditim selama mungkin sekitar beberapa jam. Jika sudah selesai, tunggulah hingga dingin. Setelah itu saringlah airnya dan minum 2 kali.
  7. Mengatasi batuk rejan
    Cara mengobati: Ambil Belimbing wuluh sebayak 10 buah dan air garam 2 sendok. Kemudian Belimbing wuluh dicuci bersih dan campurkan garam sambil diremas-remas. Setelah itu saringlah airnya dan minum 2 kali sehari.


Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang kandungan dan manfaat belimbing wuluh. Semoga bermanfaat bagi yang membaca dan selamat mencoba :)

loading...

Ikuti Update Kami