Pare - Sayuran yang terkenal dengan rasa pahit ini memang sudah tidak asing lagi bagi masayarakat umunya. Buah pare biasa dimasak dengan cara ditumis, dijadikan lalapan atau sebagai bahan untuk gado-gado. Pare yang memiliki nama Latin Momordica charantia ini banyak ditemukan didaerah tropis, disawah , ditegalan sebagai palawijo dan semua bagian tanaman pare ini berasa pahit. Ciri-ciri tanaman pare yaitu memiliki batang yang berbulu kasar, daunnya kasar berbentuk jantung, berlekuk 5 – 7, juga berasa pahit, bunganya berwarna kuning muda, buahnya berwarna hijau muda sampai merah muda dan memiliki panjang sekitar 8 – 14 cm, dengan kutil tajam dan atau tumpul, bundar, panjang atau bengkok, semua sangat licin. Jika telah matang akan pecah dan dagingnya terlihat merah, lembek dan berasa manis.

Kandungan Ilmiah Pare

Berikut ini adalah kandungan ilmiah buah pare setiap 100 g:
  • Energi: 29 kal
  • Protein: 1,1 g
  • Lemak: 0,3 g
  • Karbohidrat: 6,6 g
  • Serat: 1,5 g
  • Kalsium: 45 mg
  • Fosfor: 64 mg
  • Zat Besi: 1,4 mg
  • Vitamin A: 180 IU
  • Vitamin B1: 0,08 mg
  • Vitamin C: 52 mg
  • Air: 91,2 g.
Ilustrasi Buah Pare



Manfaat Sayur Pare

  1. Mengusir Diabetes
    Adanya antidiabetes di dalam pare dipercaya mampu menekan resiko diabetes pada anda. Selain itu  kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.
  2. Menangkal Sel kanker
    Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda.
  3. Menurunkan Berat Badan
    Pare merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan anda. Dalam secangkir pare ternyata memiliki 16 kalori sehingga mampu membuat anda mengontrol nafsu makan dan membuat anda cepat kenyang. Tidak ada salahnya anda untuk mengkonsumsi pare di dalam menu makan anda sehingga membantu anda mendapatkan berat badan ideal.
  4. Membersihkan Darah
    Sayuran pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah anda. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara di jus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Konsumsi rutin pada pagi dan malam hari, dengan demikian dapat membantu anda dalam membersihkan darah.
  5. Memerangi HIV/AIDS
    Sayuran pare mengandung protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang mampu membatasi perkembangan HIV.
  6. Melancarkan Pencernaan
    Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten. Rasa pahit pada sayuran pare ternyata sangat baik untuk membantu anda dalam mengatasi masalah pencernaan.
  7. Mengatasi Asma
    Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat. Ini bagus untuk anda yang menderita asma.
  8. Kecantikan
    Tidak banyak yang tahu ternyata vitamin c yang dihasilkan oleh pare dapat membantu anda dalam memelihara kecantikan anda selain itu ancaman efek buruk dari sinar ultraviolet dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran pare.
  9. Selain itu juga ternyata sayuran pare juga dapat menurunkan demam, bisul, disentri amuba, wasir , bronkhitis obat malaria dan penyakit kuning.
NB: Pare sebaiknya tidak diberikan pada anak karena dapat menurunkan kadar gula mereka. Mereka yang cenderung kadar gula darahnya rendah juga dilarang mengonsumsinya. Begitu juga para ibu hamil dikhawatirkan akan mengalami keguguran.

loading...

Ikuti Update Kami