Kandungan dan Manfaat Lidah Buaya - Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya, pemanfaatannya sering digunakan untuk kecantikan, tetapi manfaat lidah buaya bukan hanya untuk kecantikan semata, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan. Menurut data dari penelitian yang ada, tanaman Lidah Buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Manfaat tanaman lidah buaya. Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Eksudat merupakan getah yg keluar dari daun ketika dilakukan pemotongan. Eksudat berbentuk cair, warna kuning dengan rasa pahit. Pada bagian ini terkandung sejumlah zat yaitu 8 dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin) dan glikosida (Aloins).

Kandungan Ilmiah Lidah Buaya

Berikut ini adalah kandungan ilmiah yang terdapat pada lidah buaya:
  • Kadar air
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Kalsium
  • Zat Besi
Ilustrasi Tanaman Lidah Buaya


Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Kencing Manis
    Cara mengobati: Ambil lidah buaya satu batang saja dan air sebanyak tiga gelas. Kemudian Lidah buaya dicuci sampai bersih, namun sebelumnya duri yang ada pada batang tersebut dibuang, lalu dipotong secukupnya. Rebus dengan air tiga gelas tadi hingga benar-benar matang dan air rebusan kira-kira tinggal separuhnya. Minum ramuan ini tiga kali setiap satu harinya, masing-masing setengah gelas.
  2. Mengatasi Wasir
    Cara mengobati: Ambil setengah dari batang lidah buaya, madu sebanyak dua sendok makan dan air matang setengah cangkir saja. Kemudian cuci daun lidah buaya sampai bersih, namun sebelumnya buang dulu durinya, lalu diparut ditambahi madu tadi dan air matang setengah cangkir, aduk sampai benar-benar rata, baru kemudian disaring. Minum ramuan ini tiga kali dalam satu hari.
  3. Mengatasi Sembelit
    Cara  mengobati:  Ambil daun lidah buaya setengah batang saja, air panas setengah cangkir dan madu satu sendok makan saja. Kemudian cuci lidah buaya sampai benar-benar bersih, namun sebelumnya dibuang dulu kulit dan durinya. Lalu cincang isinya. Setengah cangkir air panas tadi digunakan untuk menyeduh kemudian ditambahkan madu. Saat masih hangat, makan ramuan ini dua kali dalam satu harinya.
  4. Lidah Buaya Untuk RambutCara mengobati: Ambil daun lidah buaya dan air secukupnya. Belah lidah buaya untuk diambil lendirnya, lalu usapkan lendir atau getah tersebut pada rambut yang sebelumnya sudah terlebih dahulu dibasahi dengan air. Lakukan sampai lendir benar-benar rata dan pijat kulit kepala serta rambut. Biarkan selama kurang lebih lima belas menit. Baru kemudian bilas dengan air sampai benar-benar bersih. Dengan cara ini, rambut akan kuat, lebat dan menghitam secara alami.
  5. Melembabkan Kulit Wajah & Kulit Kering
    Cara mengobati: Ambil getah lidah buaya sebanyak tiga sendok makan dan daun lidah buaya secukupnya. Daun dan getah lidah buaya dicampur. Pastikan kedua bahan tersebut benar-benar tercampur. Gunakan sebagai masker wajah atau oleskan pada kulit kering dan kusam. Biarkan kurang lebih sepuluh sampai lima belas menit, baru kemudian dibilas dengan air dingin. Agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan wajah dan kulit kering secara teratur.

loading...

Ikuti Update Kami