Kandungan dan Manfaat Lidah Buaya - Siapa yang tak kenal tanaman yang satu ini, khasiatnya untuk merawat rambut pun sudah banyak diketahui oleh khalayak ramai, tetapi manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia masih jarang orang yang mengetahuinya. Tanaman yang mempunyai nama latin Aloe Vera ini banyak dijadikan bahan dasar pembuatan shampoo.


Kandungan Kimia Lidah Buaya

  • Aloin
  • Aleonin
  • Aleosin
  • Barbaloin

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Diabetes
    Konsumsi lidah buaya dengan cara tertentu akan dapat membantu Anda dalam menurunkan level gula darah untuk Anda yang menderita diabetes. Caranya dengan merebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan air 3 gelas dan menyisakan air rebusan hingga setengahnya. Ramuan ini dapat dikonsumsi tiga kali per hari masing-masing setengah gelas.
  2. Mengobati Luka
    Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka bakar, meredakan rasa perih karena terbakar sinar matahari (sunburn), mengurangi warna lebam karena memar, meredakan rasa perih karena lecet, dan mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.
  3. Mengobati Wasir
    Cara mengobati: Siapkan setengah dari batang lidah buaya beserta dua sendok madu dan setengah cangkir air matang. Cara membuatnya cukup mudah yaitu parut lidah buaya, kemudian ditambahkan madu dan setengah cangkir air matang pada parutan tadi. Aduk sampai rata ramuan ini dan saring kemudian. Minum ramuan ini tiga kali sehari.
  4. Melancarkan pencernaan 
  5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
    Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gelatin yang berfungsi untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Proses detoksifikasi ini jelas sangat menguntungkan bagi tubuh Anda.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

  1. Menghilangkan Jerawat
    Caranya: Ambil saja lidah buaya, kemudian belah, lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat sekali dalam sehari kurang lebih selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  2. Menghilangkan Flek Hitam
    Caranya: setelah muka dibersihkan, ambil jelly lidah buayanya, lalu bersihkan dari lendir-lendirnya dan siapkan ke muka setiap pagi juga malam hari. Biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih lalu keringkan. Lakukan minimal 2x sehari berturut-turut. Dijamin, muka anda akan mulus dan terbebas dari flex-flex hitam.Walau memakan waktu lama, namun bila dilakukan secara rutin, hasilnya pun akan maksimal.
  3. Kesehatan Bulu Mata
    Caranya: setiap akan tidur, atau pun saat anda bersantai, cuci bulu mata anda agar terbebas dari bahan kimiawi seperti maskara. Lalu ambil jelly Lidah Buaya, dan oleskan dengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata anda. Biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air biasa hingga bersih. Bila teratur menggunakannya, dijamin bulu mata anda akan kuat, tidak mudah rontok dan tebal.
  4. Menyuburkan Alis
    Caranya setiap tidur diolekan ke alis anda, lalu keesokan harinya dicuci bersih. Semakin anda rajin melakukannnya, maka hasilnya pun akan maksimal.
  5. Perawatan Rambut
    Caranya: Ambil 2 pelepah lidah buaya yang sudah dicuci, kemudian gosokkan isinya pada kulit kepala yang telah dicuci (lakukan pada sore hari). Lalu balut rambut dengan kain dan bilas keesokan harinya, usahakan melakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.
  6. Perawatan Kulit
    Caranya: Ambil sepotong lidah buaya dan sisihkan bagian gelnya saja. Ingat, ini tidak termasuk cairan lengket yang menempel pada kulitnya. Hancurkan gel ini dan oleskan sebelum Anda tidur. Selain jerawat hilang, kulit juga akan menjadi lembut, bersinar dan katakan goodbye pada kulit keriput.
  7. Gel bercukur
    Caranya cukup mengoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya maka Anda akan mempermudah Anda mencukur bulu serta mencegah iritasi. Lidah buaya akan membuat kulit tetap dingin dan nyaman tanpa terasa pedih.
  8. Pembersih makeup
    Anda boleh mencoba gel lidah buaya ini untuk membersihkan makeup Anda. Langsung mengambil gel alaminya, maka ia akan membersihkan makeup dengan lembut tanpa meninggalkan iritasi.
  9. Melembabkan kulit
    Anda cukup mencari  pelembab yang berbahan lidah buaya sehingga kulit menjadi tetap dingin. Ia juga aman untuk kulit sensitif, kulit berjerawat. Bahkan lidah buaya akan membantu menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat.









 


Anda juga bisa mengkonsumsi lidah buaya dengan cara membuatnya menjadi jus, dan jangan khawatir tidak tahu bisa membuatnya ya guys, karena berikut akan dijelaskan tentang cara membuat jus lidah buaya.

Cara membuat jus lidah buaya

Alat dan Bahan:
  • Beberapa daun lidah buaya yang cukup tua.
  • Pisau kupas.
  • Pisau dapur.
  • Sendok makan.
  • Blender.
  • Jeruk (atau anggur, atau buah asam lain).
  • Wadah dengan tutup kedap udara
Cara Membuat:
  1. Potong beberapa lembar daun lidah buaya yang cukup tua langsung dari tanaman. Kupas sisi daun lidah buaya yang berduri dengan menggunakan pisau kupas, lalu cuci daun lidah buaya dengan air matang.
  2. Belah daun lidah buaya menjadi dua. Keruk gel (“daging”) lidah buaya dengan menggunakan sendok. (Catatan: Jika anda kurang nyaman dengan cara ini, anda dapat mengupas keseluruhan kulit dan memotong kecil-kecil “daging” lidah buaya).
  3. Masukkan gel lidah buaya ke dalam blender, tambahkan air perasan buah jeruk secukupnya. Blender bahan-bahan ini selama 2 menit. (Catatan: Gel lidah buaya tanpa kulit tidak tahan lama karena akan teroksidasi oleh udara. Air jeruk berguna untuk menstabilkan gel lidah buaya supaya tahan lama dan untuk memberikan cita rasa).
  4. Tuang jus lidah buaya buatan anda ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Diamkan di dalam lemari es minimal 2 jam.
  5. Jus lidah buaya anda siap dikonsumsi. Jus ini tahan selama seminggu, namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, sebaiknya dihabiskan dalam 3 hari.
  6. Cara mengkonsumsi jus lidah buaya: tuang dua sendok makan jus lidah buaya buatan anda ke dalam segelas air matang, lalu aduk. Jus ini masih dapat ditambahkan jus buah jika anda suka.

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang kandungan, manfaat dan cara membuat jus lidah buaya, semoga bermanfaat untuk kalian ya, dan selamat mencoba :)

loading...

Ikuti Update Kami