Daun Kenikir - Siapa yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini, pemanfaatannya biasanya sering digunakan sebagai lalapan atau kulupan (Jawa). Kenikir merupakan tanaman perdu yang berdaun majemuk yang bersilangan dan berhadapan. Berbau khas, berbunga majemuk dan berakar tunggang. Daunnya berbentuk panjang-panjang dengan bunga berwarna kuning sedikit oranye, merah, jingga, atau kuning, kenikir tumbuh baik di dataran rendah dengan kondisi tanah yang subur, liat, dan berdrainase baik, sampai pegunungan kurang lebih 700 m dpl., terutama di tempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari penuh. Kenikir sangat populer di Negara belahan Asia. Secara tradisional, penduduk di sana menggunakan tanaman ini untuk memperbaiki sirkulasi darah, pencegah penuaan dini, menurunkan panas pada tubuh, dan memperkuat tulang belakang karena kandungan kalsium yang sangat tinggi, serta menghilangkan bau mulut (napas) yang kurang sedap. Daun kenikir yang dalam bahasa latin disebut dengan Cosmos Caudatus kenikir adalah salah satu sayuran Indigenous yaitu spesies sayuran asli indonesia yang berasal dari daaerah/wilayah ataupun ekosistem tertentu.

Kandungan Ilmiah Daun Kenikir

Kenikir biasa digunakan sebagai lalapan, kulupan(Jawa), ataupun campuran untuk pecel ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, berikut ini adalah kandungan ilmiah daun kenikir:
  • Saponin
  • Flavonoida polifenol
  • Minyak atsiri
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Hidroksieugenol (pada akar)
  • Koniferil alkohol (pada akar)
Dalam sebuah penelitian juga menemukan kalau daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik(jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsiogenesis atau penyebab kanker. Senyawa radikal bebas dapat menghambat apoptosis melalui inhibisi pelepasan sitokrom c, yaitu sitokrom c berperan dalam aktivasi protein-protein regulator positif apoptosis. Sifat antioksidan yang dimiliki kenikir memungkinkan pengembangan tanaman ini sebagai agen kemopreventif.
Ilustrasi Daun Meniran


Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Berkitu ini beberapa manfaat daun kenikir yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia:
  1. Obat lemah lambung
  2. Penguat tulang
  3. Penambah nafsu makan
  4. Mengobati lemah jantung
  5. Mencegah kanker
Disamping daunnya, ternyata bunga kenikir juga bermanfaat antara lain untuk obat gondongan dan juga bisa jadi obat pembengkakan pada payudara. Caranya yaitu bunga kenikir ditumbuk dan dicampur cuka kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Selain itu bunga kenikir juga bisa mengusir serangga dengan aromanya yang khas.

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang daun kenikir, semoga bermanfaat bagi Anda yang membacanya :)

loading...

Ikuti Update Kami