Kandungan dan Manfaat Daun Jambu biji - Siapa sih yang enggak kenal sama buah yang satu ini, rasanya yang manis jika sudah matang dan tanaman ini mudah ditemui di berbagai tempat dilingkungan sekitar kita, karena pohon jambu biji biasa tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia, bahkan pohon jambu biji bisa tumbuh tanpa perawatan dan tumbuh di alam liar. Selama ini mungkin kita melihat jambu biji (psidium guajava) biasa-biasa saja sebagai tanaman yang tumbuh liar di ladang atau di kebun, tetapi dibalik semua itu ternyata jambu biji juga daunnya memiliki banyak kandungan dan manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Ilmiah Daun Jambu Biji

Pohon jambu biji yang selama ini pohonnya kita anggap sebagai gulma saja, anggapan tentang jambu biji ini harus segera diubah karena ternyata banyak kandungan yang bermanfaat untuk manusia. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada daun jambu biji:
  • Saponin
  • Flavanoid
  • Polifenol
  • Alkaloid
  • Karoten
  • Steroid
  • Kuinon
  • Anti-oksidan
  • Minyak atsiri
  • Tannin
  • Senyawa anti-mutagenic
Jambu biji bersifat anti-oksidan, tetapi beberapa uji medis mendapati fakta bahwa daun jambu biji putih lokal memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang jauh lebih tinggi daripada daun jambu biji berwarna merah.



Manfaat Daun Jambu Biji

Berikut ini beberapa manfaat daun jambi biji dan cara pemanfaatannya:
  1. Mengobati diare dan disentri
    Cara mengobati: Ambil 2-3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Kemudian bersihkan terlebih dahulu daun jambu biji agar bersih higienis. Setelah itu kunyahlah daun jambu biji, garam yang sudah disiapkan bisa juga kunyah bersamaan dengan daun jambu biji agar rasa pahit sedikit hilang saat mengunyah daun jambu biji. Selain cara tersebut, anda juga bisa mengolah daun jambu biji untuk dijadikan teh, yakni dengan menyeduh daun jambu biji pada air panas dengan ditambahkan sedikit madu agar lebih manis.
  2. Diabetes Mellitus
    Cara mengobatinya seperti mengobati diare dan disentri diatas.
  3. Mengobati Luka Memar
    Kandungan steroid sendiri berperan untuk mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada tubuh. Manfaat ini bisa anda peroleh dengan mengoleskan daun jambu biji yang sudah dihaluskan pada bagian kulit tubuh anda yang luka aau memar.
  4. Mengatasi Jerawat
    Cara mengobati: Ambil daun jambu biji yang masih muda serta air secukupnya. Jika sudah siap, cuci bersih daun jambu biji sambil diremas-remas sampai mengeluarkan busa. Setelah itu, oleskan busanya pada bagian wajah anda yang berjerawat. Kemudian tunggulah sebentar dan cuci bersih wajah anda. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.
  5. Mengatasi Komedo
    Cara mengobati: Ambil daun jambu biji muda dan air. Setelah itu blender daun jambu biji tersebut bersama dengan airnya. Jika sudah selesai, oleskan/basuhkan scrub daun jambu biji pada wajah anda.
  6. Sebagai deodorant alamiCara mengobati: Lumatkan daun jambu biji dan oleskan pada ketiak Anda. Bau badan akan hilang seketika. Hal ini terlah dianjurkan sejak dahulu kala oleh nenek moyang kita dan telah dibuktikan secara medis.
  7. Mengobati Sariawan
    Cara mengobati: Ambil daun biji 1 genggam dan rebus bersama air sebanyak 1 liter dan tambahkan juga kulit batang jambu sebantak 1 jari anda. Minum air rebusannya secara teratur dua kali dalam sehari.
  8. AmbeienCara mengobati: Ambil beberapa helai daun jambu yang masih mudan dan tambah dengan pisang batu. Haluskan keduanya dengan cara ditumbuh dan kemudian airnya diambil dan diminum setiap harinya hingga penyakit Anda lenyap.
  9. Mengusir kembungCara mengobati: Ambil daun jambu biji dan rebus dengan 2 gelas air. Tambahkan juga ½ jari kulit dari pulosari dan adas sebanyak 5 butir. Rebus sampai airnya susut menjadi 1 gelas. Minum teratur setiap hari 1 cangkir hingga sembuh.
Baca juga artikel tentang budidaya jambu biji dalam pot dalam pot dan kandungan Vitamin jambu biji

loading...

Ikuti Update Kami