Kandungan dan Manfaat Bunga Melati - Bunga yang sering dijadikan pagar atau hanya sekedar hiasan kembang depan rumah ini mempunyai bau yang sangat harum, berwarna putih dan berbentuk kecil mungil nan cantik. Ya, bunga melati, memiliki nama Latin Jasmine ini ternyata tak hanya mengeluarkan bau yang harum, tetapi juga mempunyai khasiat yang banyak berguna untuk manusia, diantaranya untuk kecantikan, bahkan si ratu horor Suzana pun sering menggunakan bunga melati untuk tetap menjaga kecantikannya. Bunga melati dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur, tanaman melati harus cukup mendapatkan sinar matahari. Bunga melati dapat dikembangbiakkan dengan cara stek, tunas-tunas baru akan tampak setelah berusia sekitar 6 minggu.
Bunga melati juga mempunyai beberapa spesies, seperti:
  1. Jasminum sambac Maid of Orleans (J. sambac Aid)
  2. Jasminum sambac Grand Duke of Tuscany
  3. Jasminum officinale.

Kandungan Bunga Melati

Berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam bunga melati, seperti:
  • Minyak eteris (zat berbau)
  • Indole
  • Linalcohol
  • Asetat benzilic
  • Alkohol benzilic
  • Livalylacetaat
  • Jasmon

Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan

  1. Mengobati Demam berdarah
    Cara mengobati: Ambil 7 lembar daun melati kemudian rebus dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Sebaiknya dilakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.
  2. Mengobati Demam dan sakit kepala
    Cara mengobati: Ambil 1 genggam  daun melati dan 10 bunga melati lalu di remas – remas, kemudian rendam dengan air dalam rantang, gunakan air rendaman ini untuk mengompres dahi.
  3. Mengobati Sakit mata
    Cara mengobati: Ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.
  4. Mengobati Radang Usus
    Cara mengobati: Ambil satu genggam daun melati poncosuda (nama lain melati hutan atau melati gambir), rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.
  5. Mengobati Radang Ginjal
    Cara mengobati: Ambil 15 gram daun kering melati poncosuda, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari sampai air kencing yang keruh menjadi normal.
  6. Mengobati Sesak napas
    Cara mengobati: Ambil 20 lembar daun melati dan garam secukupnya. Rebus 20 lembar daun melati dan garam dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisal 2 gelas dan disaring, lalu oleskan di sekitar dada setiap pagi sebelum mandi.
  7. Menghentikan ASI yang keluar berlebihan
    Cara mengobati: Ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan di sekitar  buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
  8. Mengobati bengkak akibat sengatan lebah
    Cara mengobati: Ambil 1 genggam melati lalu remas – remas sampai halus, tempelkan pada bagian yang tersengat lebah.
  9. Mengobati Demam, Pilek, dan Diare.
    Cara mengobati: Ambil bunga melati 4 gram, teh hijau 4 gram, kapulaga 3 gram, lalu cuci bersih semua bahan, rebus dengan air 1,5 gelas, hingga tersisa 1 gelas. Minum sehari sekali selama 3-7 hari.













Bunga Melati juga sangat baik untuk merawat kulit tubuh kita, dengan cara memakai masker dari bunga melati, bunga melati juga bisa mengatasi jerawat, berikut ini adalah cara mengolah bunga melati untuk perawatan kulit.

Masker bunga melati untuk kulit tubuh

Caranya:
  1. Tumbuk halus segenggam bunga melati (bisa juga lebih bila anda ingin menggnakannya untuk sekujur tubuh.
  2. Tambahkan air mawar atau beberapa tetes minyak zaitun atau olive oil, bisa juga madu atau susu.
  3. Oleskan pada kulit tubuh secara merata lalu diamkan hingga benar-benar meresap kira-kira 15-20 menit. Ketika mengoleskan ke kulit anda juga bisa sambil memijatnya agar sel-sel kulit mati terangkat keluar.
  4. Bersihkan menggunakan handuk basah atau anda juga bisa langsung membilasnya.
  5. Untuk hasil yang maksimal anda dapat menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu.
  6. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Melati untuk mengatasi jerawat

Bahan-bahan:
  • Bunga melati 20 kuntum
  • Asam kawak sebanyak 2 jari
  • 3 gr belerang
  • Air jeruk nipis 2 sendok makan.

    Caranya:
  • Semua bahan dicuci bersih kemudian tumbuk hingga halus.
  • Peras bahan yang telah ditumbuk, lalu tambhkan jeruk nipis.
  • Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat 2kali sehari
  • Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang kandungan, manfaat serta cara membuat masker dari bunga melati. semoga bermanfaat untuk anda yang membacanya dan selamat mencoba :)

loading...

Ikuti Update Kami